Di Hari Pelanggan Nasional 2021, Angkasa Pura II Kampanyekan Perjalanan Aman dan Mulus dengan Layanan Digital di Bandara

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 04/Sep/2021 17:06 WIB
Kampanye di Bandara Soetta (AP II) Kampanye di Bandara Soetta (AP II)

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menyambut Hari Pelanggan Nasional 2021, PT Angkasa Pura II (Persero) menggelar program Sapa Pelanggan.

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

Selain itu juga kampanyekan perjalanan aman dan mulus tanpa gangguan (Safe & Seamless Travel Experience) dengan layanan digital bagi penumpang pesawat selama di bandara. 

Sebagai bagian dari Sapa Pelanggan, AP II memberikan sambutan khusus di terminal bagi para pelanggan, traveler dan pengunjung bandara. 

Baca Juga:
Cuma 12 Hari Libur Lebaran, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Tembus 2,02 Juta, jadi Tersibuk di Asia Tenggara

Di Bandara Soekarno-Hatta, traveler berkesempatan menyampaikan apresiasi dan masukan mengenai layanan dan fasilitas, langsung kepada jajaran manajemen. 

"Setiap pelanggan juga bisa mendapat asistensi khusus dalam memproses keberangkatan menggunakan berbagasi layanan berbasis digital," jelas President Director of AP II Muhammad Awaluddin, Sabtu (4/9/2021).

Baca Juga:
Penumpang di Puncak Arus Balik di 20 Bandara Angkasa Pura II Tembus 309.477, Operasional dan Layanan Lancar

Program Sapa Pelanggan dalam merayakan Hari Pelanggan Nasional 2021 ini digelar di seluruh bandara AP II, sebagai bentuk terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaan kepada AP II selama ini.

"Kami mengucapkan Selamat Hari Pelanggan Nasional 2021,” ujarnya.

Menurutnya, Hari Pelanggan Nasional memiliki arti penting bagi AP II, membuat selalu mengingat bahwa pihaknya harus lebih dari memberikan pelayanan, dan juga harus mampu memahami kebutuhan pelanggan. 

"Sejalan dengan itu, kami selalu menerapkan konsep Know Your Customer [KYC] dalam aspek pelayanan kepada pelanggan," ungkapnya.

Salah satu upaya AP II memenuhi kebutuhan pelanggan adalah melahirkan inovasi layanan berbasis digital. 

Director of Operation & Services Muhamad Wasid menambahkan, layanan berbasis digital juga menjadi sangat penting di tengah pandemi Covid-19. 

“Pandemi Covid-19 membawa tantangan berat, dan penerapan protokol kesehatan secara ketat serta layanan berbasis digital menjadi solusi bagi AP II dalam merespons tantangan tersebut, untuk menghadirkan Safe & Seamless Travel Experience,” ujar Wasid.

Senior General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan, “Kampanye Safe & Seamless Travel Experience dilakukan untuk semakin luas lagi mempromosikan layanan digital yang sudah dinikmati banyak pelanggan di Bandara Soekarno-Hatta. 

Bandara Soekarno-Hatta dituntut untuk selalu memberikan pengalaman lebih baik dengan rasa aman dan nyaman melalui pemanfaatan teknologi.

Sejumlah layanan berbasis digital yang dihadirkan AP II, antara lain: 

1. Aplikasi travelin
Aplikasi yang dapat diunduh di iOS dan Android ini memiliki fitur untuk mendukung perjalanan traveler, yaitu: reservasi online untuk tes Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta, e-check in, pemesanan hotel dan tiket pesawat, informasi jadwal penerbangan, dan informasi tenant komersial.

Informasi transportasi darat, informasi layanan di bandara, informasi layanan bantuan darurat, airportainment, informasi wisata, berita-berita terbaru terkait sektor penerbangan, dan e-commerce.

2. Aplikasi PeduliLindungi

PeduliLindungi merupakan aplikasi yang digunakan dalam penanganan Covid-19, di mana untuk sektor penerbangan digunakan untuk memproses keberangkatan calon penumpang pesawat. Pengisian e-HAC oleh penumpang pesawat saat ini juga dilakukan melalui PeduliLindungi.

Adapun Bandara AP II menyiapkan infrastruktur digital untuk dapat membaca QR Code di aplikasi PeduliLindungi yang ada di gadget calon penumpang pesawat.

3. Virtual customer assistant (VICA)

Di tengah pandemi ini, AP II menyiapkan VICA sebagai layanan tatap muka secara online antara pelanggan dengan petugas customer service. 

4. Customer touchpoint feedback system

Menyediakan sarana review singkat dari customer terhadap pelayanan yang diberikan di sejumlah titik layanan di bandara, di mana hasilnya dapat diketahui secara cepat untuk kemudian dilakukan peningkatan layanan

5. Digital taxi queing

Sistem digital dapat memberikan kepastian pelanggan dalam  mendapatkan layanan taksi

6. iMATE Lounge

i-Millennial Airport Travel Experience (iMATE) Lounge dilengkapi berbagai fasilitas berbasis digital seperti virtual assistant, digital wayfinding, flight information display system (FIDS), game zone, dan sebagainya

"AP II saat ini tengah membahas untuk menghadirkan Airport Single Identity (Airport ID) sebagai terminal access control, yang nantinya juga dapat terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi," imbuh Wasid.

Airport ID dapat digunakan traveler untuk mendapatkan layanan tambahan di bandara, semisal fast track, lokasi khusus parkir kendaraan, dan sebagainya. 

Melalui Airport ID, AP II nantinya dapat lebih mengenal dan memahami pelanggan dengan konsep Know Your Customer (KYC). (omy)