Jalan di Subang Akan Gunakan Aspal Buton

  • Oleh : Taryani

Minggu, 05/Sep/2021 12:30 WIB
Bupati Subang, Kang Jimat saat menerima silaturahmi di kediamannya. (Ist.) Bupati Subang, Kang Jimat saat menerima silaturahmi di kediamannya. (Ist.)

SUBANG (BeritaTrans.com) - Bupati Subang H. Ruhimat menerima silaturahmi perwakilan pengusaha AMP Subang dan  PT. Wika ASPAL saat sosialisasi potensi aspal Buton di kediaman pribadi di Desa Cintamekar,  Kecamatan Serangpanjang.

Aspal Buton merupakan Aspal alam Indonesia dengan kualitas terbaik  ditemukan di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. 

Cadangan endapan aspal alam di Buton ini dapat ditemukan tepatnya di Teluk Sampolawa sampai Teluk Lawela.

Aspal alam ini merupakan cadangan terbesar di dunia. Hal ini berdasarkan penelitian dari Alberta Research Council terkait Deposit aspal Buton.

Dalam komposisi tertentu, Aspal Buton  merupakan produk aspal dalam negeri dengan kualitas yang lebih baik dibanding dengan aspal minyak.

Menurut salah seorang pengusaha AMP Subang,  H. Herdis saat ini produk aspal yang banyak digunakan adalah aspal minyak yang diimpor dari Singapura.

Hal itu katanya sangat disayangkan karena harus mengimpor aspal dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan aspal dalam negeri.

Padahal di dalam negeri memiliki potensi aspal alam terbaik dengan cadangan aspal terbesar di dunia yaitu pulau Buton.

Ia mengusulkan dan mendorong agar Kabupaten Subang dapat menggunakan aspal alam Buton untuk dijadikan produk hotmix ruas jalan.

Selain sebagai upaya mendukung produk dalam negeri,  juga terkait kualitasnya yang bagus dan harga yang lebih murah dibandingkan dengan aspal impor.

Kang Jimat sapaan akrab Bupati Subang menyambut baik adanya produk aspal dalam negeri yang memiliki mutu yang baik serta mendukung untuk dijadikan sebagai salah satu penunjang dalam mewujudkan pembangunan insfrastruktur jalan di Kabupaten Subang.

Bupati menginstruksikan agar produsen aspal Buton mengadakan presentasi kepada tim teknis lapangan dan Dinas PUPR Subang agar bisa ditindaklanjuti.

Ia berharap agar dilakukan uji sample pengaspalan jalan menggunakan aspal Buton di beberapa ruas jalan di Kabupaten Subang.

Hal ini  sebagai sarana uji kualitas,  sehingga dikemudian hari dapat merekomendasikan aspal Buton sebagai aspal yang akan melapisi berbagai ruas jalan di Kabupaten Subang.

"Daripada pakai produk impor,  baiknya gunakan produk dalam negeri yang lebih berkualitas dengan harga yang terjangkau" ujar Kang Jimat, Sabtu (4/9/2021).

Kang Jimat menginstruksikan kepada kepala BP4D agar  menindaklanjuti penggunaan aspal Buton dalam rencana pembangunan insfrastruktur di Kabupaten Subang.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala BP4D,  Hari Rubiyanto beserta jajaran, perwakilan AMP Subang,  H. Herdis dan para jajaran petinggi Wika Aspal anak perusahaan PT. WIKA. (Taryani)