Awas, Perang China dan Taiwan: Adu Pesawat Tempur Canggih, Rudal Diaktifkan

  • Oleh : Dirham

Senin, 06/Sep/2021 10:03 WIB
Jet tempur China Chengdu J-20. Jet tempur China Chengdu J-20.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Hubungan antara Taiwan dan China kembali memanas. Kali ini Taipei melaporkan beberapa pesawat tempur canggih milik Beijing mulai memasuki zona pertahanan udara yang dikuasai wilayah itu.

Mengutip Reuters, Kementerian Pertahanan Taiwan menyebut bahwa ada 19 pesawat China yang mulai berseliweran di langit Taiwan. Pesawat-pesawat itu termasuk pesawat dengan kemampuan nuklir dan pesawat anti kapal selam.

Baca Juga:
66 Pesawat Tempur dan 14 Kapal Perang China Masuki Kawasan Taiwan

"Misi China terbaru melibatkan 10 pesawat tempur J-16 dan empat Su-30, serta empat pembom H-6, yang dapat membawa senjata nuklir, dan sebuah pesawat anti-kapal selam," kata Kementerian Pertahanan Taiwan pada Minggu (5/9/2021).

Hal ini dibalas oleh Taipei. Wilayah pulau Pasifik itu mengirimkan pesawat tempur dan mengaktifkan sistem rudal dengan harapan menghalau aksi militer Beijing.

Baca Juga:
Panas! 68 Jet Tempur dan 13 Kapal Perang China Langgar Garis Wilayah Taiwan

"Pesawat tempur Taiwan dikirim untuk memperingatkan pesawat China, sementara sistem rudal dikerahkan untuk memantau mereka," tambah kementerian itu.

Taiwan sendiri saat ini mengalami tekanan besar dari China. Beijing yang mengklaim bahwa pulau itu adalah miliknya beberapa kali melakukan manuver militer yang dianggap mengganggu wilayah di Pasifik itu.

Baca Juga:
Armada Penyerang Kapal Induk AS Diduga Menuju Taiwan

Ketegangan telah meningkat di Selat Taiwan sejak Tsai Ing-Wen terpilih sebagai presiden pada tahun 2016. Tsai sendiri menolak untuk menerima prinsip satu-China yang membuat Beijing murka.

Lebih lanjut, Tsai terus menerus mendalami hubungan Taiwan dengan AS. Ini semakin membuat tekanan Beijing terhadap Taiwan semakin masif dilakukan. (ds/sumber CNBC News Indonesia)