Varian Baru Covid-19 Bernama Mu Mengintai Masuk Indonesia, Ini Langkah Pencegahan Kemenhub

  • Oleh : Naomy

Selasa, 07/Sep/2021 11:27 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi Menhub Budi Karya Sumadi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Varian Covid-19 bernama Mu mengintai masuk ke Indonesia. Kementerian Perhubungan segera menyiapkan langkah untuk pencegahannya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah meminta jajarannya untuk melakukan konsolidasi internal dan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, yakni Kementerian Luar Negeri, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kemenkes, Satgas Penanganan Covid-19, Ditjen Imigrasi, dan pihak terkait lainnya.

Baca Juga:
Ruang Udara di Atas Kepri-Natuna Resmi Diatur Indonesia

“Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada kami untuk mencegah masuknya varian baru Covid-19 ke Indonesia, kami segera menyiapkan langkah-langkah untuk mengantispasinya,” ujar Menhub, Selasa (7/9/2021).

Dia mengatakan, untuk mencegah masuknya varian baru Covid-19 ke Indonesia, salah satunya  perlu dilakukan pengendalian transportasi di simpul-simpul, yang melayani rute-rute internasional, yakni di bandara maupun pelabuhan internasional.

Baca Juga:
Kemenhub Buka Peluang Airbus Ikut Kembangkan Industri Penerbangan di Indonesia

“Kami segera menggelar pertemuan untuk berkoodinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti yang disebutkan di atas dan Ditjen Imigrasi, untuk menentukan langkah-langkah pengendalian yang diperlukan, dalam rangka mencegah masuknya varian baru Covid-19,” bebernya.

Lebih lanjut Menhub mengatakan, Kemenhub juga akan melakukan koordinasi dengan TNI dan Polri untuk melakukan penjagaan, serta meminta pendapat para ahli epidemiologi, dan mencari informasi tentang pengalaman negara lain.

Baca Juga:
Hadiri Singapore Airshow 2024, Menhub Apresiasi Pengembangan Pesawat N219 dan Vela Alpha PTDI

Selain itu juga dengan operator sarana dan prasarana transportasi agar tetap konsisten menjalankan protokol kesehatan serta meningkatkan kewaspadaan terhadap adanya varian baru Covid-19.

Sebelumnya, Presiden dalam pernyataannya pada Rapat Evaluasi PPKM, Senin (6/9/2021), menyatakan agar waspada terhadap adanya varian baru Covid-19 (varian Mu atau B.1.621). (omy)