Kembali KSO TPK Koja Gandeng PMI DKI Jakarta Gelar Donor Darah

  • Oleh : Ahmad

Rabu, 08/Sep/2021 16:55 WIB
foto:istimewa/sekper/humastpkkoja foto:istimewa/sekper/humastpkkoja

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KSO TPK Koja kembali mengadakan kegiatan Donor Darah ke-2, bekerja sama dengan PMI DKI Jakarta, Rabu (8/9/2021).

Kegiatan donor darah di KSO TPK Koja direncanakan diadakan setiap triwulan atau 4 kali dalam setahun, tetapi karena adanya PPKM dan masih berstatus dalam zona merah, maka kegiatan donor darah ke-2 yang seharusnya dapat dilaksanakan pada bulan Juli lalu ditiadakan.

Baca Juga:
Aksi Sosial Donor Darah Warnai Peringatan HUT Ke-51 KPLP dan HUT Ke-36 PPLP

Gelaran donor darah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan diadakan di ruang serba guna lantai-5 Gedung KSO TPK Koja, Jl Digul No.1 Tanjung Priok Jakarta Utara, dimulai dari pukul 10:00 sampai selesai dan hanya diperuntukan bagi karyawan yang bekerja di lingkungan KSO TPK Koja dan bukan untuk umum.

Baca Juga:
Optimalkan Kinerja, TPK Koja Tingkatkan Sinergitas dengan Media di Pelabuhan

Tim dari PMI DKI Jakarta yang dikomandoi Dr. Nur Jannah, menyiapkan 6 tempat untuk pengambilan darah, setiap pendonor akan melalui beberapa tahapan sebelum dinyatakan layak untuk diambil darahnya antara lain :

  1.  Cek Suhu dimana tidak boleh melebihi 37.5 derajat Celcius
  2.  Mengisi Formulir dan menjawab setiap pertanyaan yang ada didalamnya
  3.  Ditimbang berat badannya untuk menentukan berapa banyak darah yang bias diambil.
  4.  Dicek tensi darah dan kekentalan darahnya.

Apabila calon pendonor lolos dari semua screening tersebut, peserta baru bisa mendonorkan darahnya di tempat yang sudah disediakan dan dilayani oleh petugas dari PMI yang sudah berpengalaman.

Baca Juga:
Sambut Bulan K-3 Nasional, IPC TPK Gelar Donor Darah

Sampai akhir kegiatan pukul 13:00 WIB, terdata ada 51 pendonor yang berhasil mendonorkan darahnya dan ada 12 peserta yang ditolak.

Semoga dengan adanya donor darah di KSO TPK Koja kali ini dapat membantu PMI DKI Jakarta sebagai Bank Darah untuk menyediakan darah bagi orang lain yang sedang membutuhkan.(ahmad/sekper/humastpkkoja)