Bus Air Roro Bakal Hadir, ASDP-Pemprov Papua Barat Sepakati Kerja Sama Operasionalnya

  • Oleh : Naomy

Kamis, 09/Sep/2021 08:01 WIB
Usai teken kerja sama anrara ASDP dan Pemprov Papua Usai teken kerja sama anrara ASDP dan Pemprov Papua

 


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bus Air RoRo bakal hadir menyapa masyarakat Papua tahun depan.

Baca Juga:
ASDP Sediakan 3 Rute Mudik Asyik Bersama BUMN

Pemerintah Provinsi Papua Barat dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menjalin kerja sama operasional bus air roro di wilayah Papua Barat dalam menunjang konektivitas transportasi di wilayah Timur Indonesia. 

Kesepakatannya, dituangkan dalam penandatanganan Nota Kesepahaman antara Direktur Utama PT ASDP Ira Puspadewi dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan yang dilaksanakan pada Kamis (8/9/2021). 

Baca Juga:
ASDP Apresiasi Penertiban Praktik Percaloan di Pelabuhan Merak oleh Satreskrim Polres Cilegon

"Saya menyambut positif dan mendukung penuh rencana kerja sama ASDP dengan Pempov Papua Barat dalam penyediaan sarana angkutan bus air roro di wilayah Papua Barat," tuturnya. 

ASDP terus berupaya memperkuat konektivitas penyeberangan baik di kawasan Barat maupun Timur Indonesia sebagai penghubung antarpulau dan memacu pengembangan wilayah. 

Baca Juga:
Menhub Pesan Agar ASDP Prioritaskan Layanan dengan Kapal Berkapasitas Besar

"Kerja sama ini salah satu bentuk komitmen Pemerintah dalam upaya meningkatkan aksesibilitas masyarakat melalui angkutan bus air roro yang aman, nyaman dan selamat di wilayah Timur Indonesia. Kami berharap dapat berkontribusi lebih maksimal lagi, memberikan layanan angkutan yang andal dan memadai agar kehadiran kami benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia," urai dia. 

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menyampaikan apresiasi kepada ASDP yang telah merespon positif dan mendukung terjalinnya kerja sama tersebut.

"Saya berterimakasih atas kesempatan dan dukungan ASDP dalam kerja sama operasional ini, sehingga dapat mendukung tersedianya aksesibilitas yang memadai bagi masyarakat, dan tentunya akan membawa kemajuan transportasi di Papua Barat," ujarnya. 

Rencananya, pada tahun anggaran 2022 akan dibangun tiga unit bus air roro sebagai bagian dari peningkatan Konektivitas Kawasan untuk Pembangunan Inklusif di wilayah Papua Tahun 2022.

Rencana pengoperasian Bus Air Roro I Pangkalan Kabupaten Manokwari, dengan trayek: Manokwari (Kab.Manokwari)– Pulau Mansinam (Kab.Manokwari)-Oransbari (Kab.ManokwariSelatan)–Ransiki (Kab.Manokwari Selatan)-Momi/Momiwaren (Kab.ManokwariSelatan)-Mome/Mameh (Kab.ManokwariSelatan)-Yemberiki/Rumberpon (Kab. Teluk Wondama).

Selanjutnya, Bus Air Roro II pangkalan Kabupaten Teluk Wondama, dengan trayek : Wasior (Kab.TelukWondama)- Pulau Yop (Kab.TelukWondama)-PulauRoon (Kab.TelukWondama)- Windesi (Kab.TelukWondama) - Karuani/ Sabubar (Kab. Teluk Wondama) – Yende (Kab.TelukWondama) - Nordiwar/Rumberpon (Kab.TelukWondama)- Koprus/SoughWepu (Kab.TelukWondama) -Mome/Mameh (Kab. Manokwari Selatan); 

Terakhir, Bus Air Roro III Pangkalan Kabupaten Raja Ampat,dengan trayek: Waisai (Kab. Raja Ampat) - Arefi (Kab. Raja Ampat) – Pulau Senapan (Kab. Raja Ampat) - Waiwo (Kab. Raja Ampat) – Pulau Yefman (Kab. Raja Ampat) - Pulau SOP (Kota Sorong) – Pulau Doom (KotaSorong) –Sorong (KotaSorong). 

Adapun rencana perjanjian kerja sama pengelolaan ketiga kapal bus air tersebut dengan PT ASDP, selama masa waktu minimal tiga tahun dan dapat diperpanjang. 

"ASDP terus berupaya melakukan perbaikan dan peningkatanan layanan yang dilakukan secara berkelanjutan (continuous improvement) demi mengimbangi dinamika bisnis dan perubahan tuntutan pengguna jasa," kata Ira. 

Pihaknya dengan bangga menyatukan nusantara melalui layanan kapal ferry antarpulau.

Tercatat, hingga saat ini terdapat 35 pelabuhan dibawah 29 kantor cabang, melayani transportasi negeri ini dengan mengoperasikan lebih dari 200 unit kapal yang menghubungkan 272 lintasan. (omy)