Mantap, Terminal 1 Bandara Soetta Kini Ada Sentra Vaksinasi, Bisa Buat Masyarakat Umum

  • Oleh : Naomy

Kamis, 09/Sep/2021 19:42 WIB
Sentea vaksinasi di Terminal 1 Bandara Soetta Sentea vaksinasi di Terminal 1 Bandara Soetta

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bandara Soekarno-Hatta kembali membuka sentra vaksinasi Covid-19 bagi penumpang pesawat dan masyarakat umum.

Baca Juga:
Digital Talent, Penopang Strategi Transformasi Digital Tingkat Nasional

Mulai 9 September hingga 6 Oktober 2021, PT Angkasa Pura II (Persero), Badan Intelijen Strategis TNI (BAIS TNI), dan KKP Kelas I Soekarno-Hatta menargetkan beri vaksinasi bagi 20.000 orang. 

Penumpang pesawat dan masyarakat umum yang ingin melakukan vaksinasi di lokasi tersebut dapat melakukan pendaftaran secara online melalui https://bit.ly/GIATVAKSINASI.

Baca Juga:
Jelang Angleb, Bandara Supadio Pontianak Memastikan Pelayanan Prima

"Vaksinasi dibuka bagi peserta 12 tahun ke atas menggunakan Sinovac (melengkapi data diri dengan Kartu Keluarga), dan peserta usia 18 tahun ke atas menggunakan Moderna," jelas President Director of Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Kamis (9/9/2021).

Bagi ibu hamil, harap membawa surat keterangan dokter kandungan untuk usia kehamilan.

Baca Juga:
Tahun 2024, Bandara SMB II Palembang Target Layani 2,7 Juta Penumpang

Vaksinasi juga dilakukan untuk dosis pertama dan dosis kedua. Adapun Moderna digunakan hanya untuk dosis pertama.  

Dia mengatakan, sentra vaksinasi yang diinisiasi BAIS ini merupakan bentuk kolaborasi yang baik di antara stakeholder guna mendukung program percepatan vaksinasi nasional. 

“AP II sangat mendukung percepatan program vaksinasi nasional yang dicanangkan pemerintah, dan sejalan dengan itu kami sangat berterimakasih kepada BAIS TNI yang telah menginisiasikan dibukanya sentra vaksinasi Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, yang juga didukung penuh oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Soekarno-Hatta [KKP Kementerian Kesehatan]. Ini adalah bentuk kolaborasi yang sangat baik di antara stakeholder," urainya.

Terminal 1 untuk sementara tidak melayani penerbangan, sehingga dapat digunakan penuh sebagai sentra vaksinasi bagi penumpang pesawat dan masyarakat umum yang dinisiasikan BAIS ini selama 28 hari. 

Dengan lokasi vaksinasi yang cukup luas, pelaksanaan akan kami pastikan memenuhi protokol kesehatan, teratur, terorganisir, dan tidak berdesak-desakan.

Pengaturan area di lokasi vaksinasi telah dilakukan, yakni untuk ruang tunggu, kemudian area pre-screening dan screening calon penerima vaksinasi, lalu pelaksanaan vaksinasi, dan kemudian observasi.

Kepala BAIS TNI Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto menuturkan, sentra vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta diharapkan dapat mendukung percepatan program vaksinasi nasional. 

“BAIS TNI mendukung percepatan program vaksinasi nasional dengan membuka sentra vaksinasi di berbagai lokasi, salah satunya di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta. Sinergi sangat penting bagi kita untuk bersama-sama menghadapi pandemi Covid-19,” ujar Letnan Jenderal TNI Joni. 

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi menambahkan, saat ini sentra vaksinasi terdapat di 3 terminal. 

“Vaksinasi dapat dilakukan di Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 untuk penumpang pesawat. Sementara bagi masyarakat umum, vaksinasi dilakukan di Terminal 1,”  ungkap Agus. (omy)