3 Bandara Angkasa Pura I Sabet Penghargaan Bandara Terbaik di Asia Pasifik

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 10/Sep/2021 06:51 WIB
Layaan di salah satu bandara Angkasa Pura I Layaan di salah satu bandara Angkasa Pura I


JAKARTA (BeritaTrans.com)- PT Angkasa Pura I (Persero) menerima penghargaan prestisius level dunia di bidang kebandarudaraan Airport Service Quality Awards (ASQ Awards) yang diselenggarakan Airport Council International (ACI).

Penghargaan yang diterima adalah "Best Airports in Asia Pacific by Size: 2-5 Million Passengers per Year" untuk Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, serta "Best Airports in Asia Pacific by Size: 5-15 Million Passengers per Year" untuk Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, dan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

Baca Juga:
Angkasa Pura II Kolaborasi Bareng 11 BUMN, Konservasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat di Raja Ampat

"Penghargaan ini telah diumumkan ACI pada Maret dan hari ini dilakukan penyerahan penghargaan secara virtual. Penghargaan yang kami terima ini merupakan wujud apresiasi dan pengakuan dari komunitas penerbangan internasional, serta menjadi bentuk capaian atas kerja keras semua pihak dalam menjaga keandalan layanan di bandara yang kami kelola," tegas Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, Kamis (9/9/2021).

Meski berada dalam tekanan pandemi global yang sulit ini, pihaknya senantiasa berupaya untuk tetap memberikan layanan prima kepada seluruh pengguna jasa bandara, serta disesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten di bandara yang kami kelola.

Baca Juga:
Peringatan HUT ke-60, Angkasa Pura I Gelar Donor Darah, Hasilkan 1.056 Kantong

Aspek keselamatan, keamanan, dan kesehatan, dituntut untuk dapat berjalanan beriringan dengan aspek kenyamanan. 

"Meskipun tantangan ini cukup sulit, tetapi kami senantiasa berupaya untuk mewujudkan aspek-aspek ini," lanjutnya.

Baca Juga:
Dongkrak Pasar Produk Lokal, BNI Sediakan Vending Machine UMKM Binaan di Bandara Soetta

ASQ Awards merupakan satu-satunya program benchmarking pengukuran tingkat kepuasan penumpang di bandara dunia yang dilakukan oleh ACI, organisasi kebandarudaraan dunia yang berbasis di Montreal, Kanada. 

Pada penyelenggaraan kali ini, sebanyak 108 penghargaan telah dimenangkan oleh 89 bandara.

Faik Fahmi turut menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan buah kerja keras Insan Angkasa Pura I. 

"Mewakili Manajemen, izinkan saya untuk menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh Insan Angkasa Pura I, atas kerja keras dan pengorbanan selama ini, terlebih di masa pandemi yang sulit ini. Semoga penghargaan ini dapat menjadi sumber penyemangat bagi kita semua untuk dapat selalu memberikan yang terbaik bagi perusahaan," tambah Faik.

Dikutip dari rilis resmi, Direktur Jenderal ACI World Luis Felipe de Oliveira menyatakan pentingnya suara konsumen dalam industri penerbangan.

"Di tengah tahun yang paling menantang dalam sejarah industri kita semua, penghargaan ASQ Awards ini diberikan kepada bandara yang memberikan prioritas untuk mendengarkan dan menanggapi suara konsumen, ini tidak pernah lebih penting lagi," ujarnya. 

Sebelumnya, 10 bandara Angkasa Pura I telah memeroleh akreditasi Airport Customer Experience Accreditation Program dari ACI. 

Sertifikasi yang diterima sejak Agustut 2019 ini diraih berkat komitmen perusahaan dalam mendengarkan suara konsumen dan menerjemahkan ke dalam peningkatan layanan. 

"Kami senantiasa mendengarkan suara konsumen, baik itu berupa kritik, saran, dan masukan. Hal tersebut kami tujukan guna meningkatkan standar kualitas layanan atau level of service, serta untuk dapat memberikan pengalaman pengguna atau customer experience tak terlupakan ketika berada di bandara kami," tutup Faik. (omy)