Kim Jong-un Tampil Kurus dan Lincah di Parade Militer Korut

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 10/Sep/2021 20:53 WIB
Kim Jong-un kembali menarik perhatian karena tampil lebih kurus dan lincah di parade militer untuk merayakan hari jadi ke-73 Korea Utara pada Rabu (8/9). (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP) Kim Jong-un kembali menarik perhatian karena tampil lebih kurus dan lincah di parade militer untuk merayakan hari jadi ke-73 Korea Utara pada Rabu (8/9). (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kim Jong-un kembali menarik perhatian karena tampil lebih kurus dan lincah di parade militer untuk merayakan hari jadi ke-73 Korea Utara pada Rabu (8/9/2021). 

Penampilan Kim ini menjadi sorotan banyak media, salah satunya Associated Press. Dalam pemberitaannya, AP menyoroti perangai Kim yang tampak lebih ceria dari beberapa waktu belakangan. 

Baca Juga:
Usai Korut Luncurkan Rudal Balistik, Korsel dan AS Juga Luncurkan 8 Rudal

Dalam parade itu, Kim terlihat mengenakan jas abu-abu dengan dasi putih mengkilap. Meski parade digelar pada tengah malam, Kim tampak sangat ceria ketika menyapa anak-anak yang menyambutnya di acara tersebut. 

Ia juga terlihat semringah ketika menanggapi tepuk tangan dari lautan warga yang menonton parade tersebut di sekitar Alun-Alun Kim Il-sung di Pyongyang. 

Baca Juga:
Tentara Korut Atraksi Ekstrem di Hadapan Kim Jong-Un

"Ia tersenyum lebar, melambaikan tangan ke arah kerumunan dan mencium anak-anak yang memberikan dia bunga sebelum ia duduk di tempat duduk di balkon untuk menyaksikan parade," demikian bunyi pemberitaan AP. 

AP juga mengamati Kim yang terus tertawa dan bertepuk tangan ketika parade melintas di hadapannya. Ia juga tertangkap kamera tengah mengobrol antusias dengan sejumlah pejabat di sekitarnya. 

Baca Juga:
Kim Jong Un Hukum Mati Perwira Tinggi karena Tolak Perintah Kirim Beras ke Warga Kelaparan

Penampilan Kim ini juga menjadi perhatian sejumlah pengamat, salah satunya profesor studi Korut di Ewha Womans University. 

"Wajahnya jelas lebih kurus dan dia bergerak lebih lincah," katanya. 

Perawakan Kim Jong-un menimbulkan kecurigaan tentang kondisi kesehatan sang pemimpin Korea Utara. (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP) 

Pemandangan ini dianggap bertolak belakang dengan Kim saat bertemu dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, pada 2018 lalu. Saat mendaki Gunung Paektu bersama Moon, Kim tampak kesulitan bernapas dan badannya memang lebih gemuk. 

Pada November lalu, Kim juga menarik perhatian publik karena terlihat sangat gemuk. Sejumlah media Korea Selatan bahkan melaporkan bahwa berat badan Kim naik sekitar 50 kilogram dari sejak pertama ia menjabat pada 2012 lalu. 

Kim mulai kelihatan lebih kurus pada Juni lalu, saat tampil di hadapan publik untuk pertama kalinya setelah beberapa bulan. Kala itu, Kim diperkirakan berhasil menurunkan berat badan hingga 10-20 kilogram. 

Sejumlah pengamat menganggap penurunan berat badan Kim ini merupakan hasil dari upayanya agar menjadi lebih kurus, bukan karena penyakit. 

Kondisi kesehatan Kim selalu menarik perhatian badan-badan intelijen dunia karena berkaitan dengan kemampuan sang pemimpin tertinggi itu untuk memerintah Korut. 

Lebih jauh, seorang profesor dari Universitas Studi Korea Utara, Yang Moo-jin, juga menganggap Kim menurunkan berat badan agar dapat memunculkan citra dirinya yang lebih ceria sebagai "orang biasa." 

"Dia juga seorang suami dan seorang ayah untuk ketiga anaknya yang sudah menuju usia 40-an tahun, jadi tak aneh jika ia peduli dengan kesehatannya," katanya.(fh/sumber:CNN)