Jika Kontingen PON XX Jabar Ingin Pertahakan Juara Umum Raihlah 137 sampai 160 Medali Emas

  • Oleh : Awe

Selasa, 14/Sep/2021 11:32 WIB
Komandan Kontingen PON XX Jabar,  Setiawan Wangsaatmaja menyemangati para atlet. (Ist.) Komandan Kontingen PON XX Jabar, Setiawan Wangsaatmaja menyemangati para atlet. (Ist.)

BANDUNG (BeritaTrans.com) - Komandan Kontingen PON XX Jabar,  Setiawan Wangsaatmaja berpesan bila ingin mempertahankan  Juara Umum, kontingen Jabar harus meraih sekira 20-24 persen medali emas atau setara 137- 160-an medali emas.

Ia berharap dengan berbagai kerja keras angka -angka tersebut bisa diraih. "Kita targetnya  harus meraih  medali emas 20 – 24 persen lebih kalau ingin Juara Umum. Jadi kalau kita dijumlahkan sekitar 137- 160-an medali emas," katanya.

Setiawan Wangsaatmaja menyemangati para atlet di Pelatda PON Kontingen Jawa Barat, di GOR Pajajaran, Kota Bandung, Senin (13/9/2021) agar mempertahankan gelar Juara Umum pada PON XX Papua yang akan digelar 2 -15 Oktober 2021.

Selain itu, Sekda  mengungkap sejumlah cabang olahraga (cabor) unggulan yang diprediksi menjadi lumbung medali, seperti di antaranya pencak silat, voli, taekwondo, karate, gulat, dan beberapa cabor lainnya.

Setiawan yang juga Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat mengingatkan para atlet, pelatih, dan ofisial tetap menjaga kesehatan dengan menjaga protokol kesehatan.

Mengingat perhelatan olahraga paling bergengsi di Indonesia melibatkan banyak orang yang rawan penularan COVID-19.

Seyogyanya PON XX menjadi titik akhir seluruh daya upaya yang sudah dipersiapkan di semua lini sedemikian rupa.

Ia menyerukan agar usaha dan pengorbanan jangan sampai sia- sia hanya karena tidak menjaga kesehatan.

"Pertama tadi saya dengan Pak Ketua Umum KONI Jabar, Disorda, melihat secara langsung bagaimana persiapan para atlet yang akan berangkat ke Papua,” ujarnya.

Yang dilihat kali ini atlet- atlet dikondisikan pada titik akhir dan mereka benar -benar disiapkan untuk bertanding dalam PON XX.

Setiawan mengimbau agar kontingen Jabar mulai dari atlet, pelatih, hingga ofisial terus menjaga kekompakan.

Karena iklim kekompakan akan menjadi kekuatan. Sehingga perlu dibangun komunikasi yang nyaman. Sekda Jabar mengungkap sudah melihat hal tersebut di tubuh kontingen PON XX Jabar.

"Kesiapan dari berbagai segi,  termasuk logistik sudah benar- benar siap. Kedua saya melihat dari sisi persiapannya, dari komunikasi atlet dan pelatih itu sangat baik sekali,” ujarnya.

Tentu saja PON ini adalah ultimate, di dalam pesta olahraga ini, kekompkan harus tetap terjaga.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jabar,  Ahmad Saefudin mengatakan, total kontingen PON XX Jabar berdasarkan SK Gubernur Jabar No: 426/Kep.528-Dispora/2021 berjumlah 1.239 orang.

Terdiri dari 770 atlet, 394 manager dan ofisial, serta 75 orang pendukung. Kontingen Jabar akan mengikuti 37 cabor pada perhelatan yang akan digelar 2 -15 Oktober 2021.

"Semua (atlet dan ofisial) dalam kondisi fit maka harus dijaga jangan sampai ketika hadir di Papua malah sebaliknya," tegas Ketua Umum KONI Jabar.

Terkait keberangkatan para atlet, KONI sudah menjadwalkan sedemikian rupa. Logistik dan akomodasi sudah 100 persen disiapkan.

"Logistik sudah 100, kita juga sudah menyiapkan transportasi, akomodasi, pelayanan kepada kontingen, karena itu bagian dari strategi," katanya. (Taryani)