Spirit of Innovation Pesawat Listrik Rolls-Royce Sukses Terbang Perdana

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 16/Sep/2021 07:26 WIB


Baca Juga:
Embraer, Wideroe dan Rolls-Royce Berpartner Riset Penerbangan Bebas Emisi

LONDON (BeritaTrans.com) - Pesawat Rolls-Royce Spirit of Innovation mengudara pada hari Rabu untuk penerbangan perdana selama 15 menit dalam langkah menuju rekor pesawat listrik tercepat di dunia.

Pesawat lepas landas tepat sebelum jam 3 sore dari situs pengujian militer Boscombe Down milik Kementerian Pertahanan Inggris, menggunakan baterai paling padat yang dirakit untuk sebuah pesawat.

Uji terbang juga merupakan langkah lain dalam perjalanan industri penerbangan menuju dekarbonisasi.

“Penerbangan pertama Spirit of Innovation merupakan pencapaian besar bagi tim Accel dan Rolls-Royce,” kata Warren East, kepala eksekutif Rolls-Royce.

"Kami fokus untuk menghasilkan terobosan teknologi yang dibutuhkan masyarakat untuk menghilangkan karbon di transportasi udara, darat dan laut, dan menangkap peluang ekonomi dari transisi ke nol bersih.

“Ini bukan hanya tentang memecahkan rekor dunia. Baterai canggih dan teknologi propulsi yang dikembangkan untuk program ini memiliki aplikasi menarik untuk pasar mobilitas udara perkotaan dan dapat membantu mewujudkan 'jet zero' menjadi kenyataan.”

Pesawat ini digerakkan oleh powertrain listrik 500-tenaga kuda (400-kilowatt).

“Penerbangan pertama pesawat Spirit of Innovation Rolls-Royce yang revolusioner menandakan langkah maju yang besar dalam transisi global ke bentuk penerbangan yang lebih bersih,” kata Sekretaris Bisnis Inggris Kwasi Kwarteng.

"Pencapaian ini, dan rekor yang kami harap akan menyusul, menunjukkan Inggris tetap berada di garis depan inovasi kedirgantaraan.

“Dengan mendukung proyek seperti ini, pemerintah membantu mendorong teknologi yang mendorong batas yang akan meningkatkan investasi dan membuka kunci pesawat yang lebih bersih dan lebih hijau yang diperlukan untuk mengakhiri kontribusi kami terhadap perubahan iklim.”

Rolls-Royce menawarkan pelanggannya sistem propulsi listrik lengkap untuk pesawat mereka, apakah itu pesawat lepas landas dan pendarat vertikal listrik atau pesawat komuter.

Perusahaan akan menggunakan teknologi dari proyek Accel dan menerapkannya pada produk baru.

Baterai Spirit of Innovation sedang dikembangkan untuk memberikan kecepatan pesawat lebih dari 480kph, yang merupakan target untuk upaya rekor dunia pesawat.

Rolls-Royce dan air-framer Tecnam juga bekerja sama dengan Wideroe, maskapai penerbangan regional terbesar di Skandinavia, untuk mengirimkan pesawat penumpang semua-listrik, yang direncanakan akan siap untuk layanan pada tahun 2026.

Pada bulan Juni, Rolls-Royce mengumumkan rencananya untuk mencapai emisi karbon nol bersih, setahun setelah bergabung dengan kampanye UN Race to Zero.

Perusahaan ini bertujuan untuk menjadi operasi nol bersih pada tahun 2030 dengan semua produk yang kompatibel pada tahun 2050.

Sumber: thenationalnews.com.