Bandara Sentani Jayapura Dipersiapkan Untuk PON XX

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 16/Sep/2021 20:34 WIB
Penampakkan terminal penumpang Bandara Sentani Jayapura dari area sisi udara.(foto:dokumen) Penampakkan terminal penumpang Bandara Sentani Jayapura dari area sisi udara.(foto:dokumen)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bandara Sentani Jayapura, Papua dipersiapkan untuk dukung Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. 

Disampaikan Vice President Corporate Secretary Handy Heryudhitiawan, bahwa Bandara Sentani Jayapura kini memiliki wajah yang lebih segar dan cantik setelah beautifikasi terminal penumpang seluas 14.300 meter persegi dua lantai rampung dilakukan. 

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

"Beautifikasi ini dilakukan untuk menyambut perhelatan dan kedatangan para atlet serta kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 dari berbagai daerah di Indonesia," ujar Handy Heryudhitiawan pada keterangan resmi, Kamis (16/9/2021). 

Dijelaskannya, Angkasa Pura I terus melakukan pembenahan Bandara Sentani Jayapura untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan PON XX yang akan mulai dilaksanakan pada Oktober 2021 mendatang.

Baca Juga:
Cuma 12 Hari Libur Lebaran, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Tembus 2,02 Juta, jadi Tersibuk di Asia Tenggara

Adapun beautifikasi terminal dilakukan dengan mengatur ulang lay out area komersial dan merenovasi interior dengan mengadopsi kearifan lokal batik dan motif ukir khas Sentani. 

Baca Juga:
InJourney Airports Layani 571 Ribu Penumpang pada Puncak Arus Balik Lebaran

Selain beautifikasi terminal penumpang, juga dilakukan pelapisan landas pacu (tapering) untuk meningkatkan kekuatan landas pacu  sehingga pesawat Boeing B737 800 NG dan Boeing B737 900ER dapat mendarat mulus, dan perbaikan apron, serta perbaikan taxiway.  

"Untuk menghadirkan semarak PON, di Bandara Sentani juga dibuat instalasi booth, branding gate keberangkatan dan kedatangan, wall branding hall di area keberangkatan dan kedatangan," terang Handy. 

Bandara Sentani memiliki landas pacu berdimensi 3.000 meter x 45 meter dengan kapasitas apron 13 parking stand untuk pesawat berbadan kecil (narrow body), 8 parking stand untuk pesawat kargo, dan 11 parking stand untuk pesawat kecil berbaling-baling (propeller). Adapun pesawat terbesar yang mampu dilayani saat ini yaitu B-737 800 NG dan 900 ER. Sementara gedung terminalnya memiliki luas 14.300 meter persegi (2 lantai) dan kapasitas ruang tunggu dapat menampung 2.045 orang.(fahmi)