Nelayan Riau Ketakutan Gegara 6 Kapal Perang China Mondar-mandir di Natuna Utara

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 16/Sep/2021 23:46 WIB


NATUNA (BeritaTrans.com)  - Sejumlah nelayan di Kepulauan Riau, ketakutan melihat enam kapal perang China mondar-mandir di Laut Natuna Utara.

Ketua Aliansi Nelayan Natuna Hendri menunjukkan sejumlah video yang diambil nelayan pada koordinat 6.17237 Lintang Utara dan 109.01578 Bujur Timur.

Baca Juga:
Selesai Diperbaiki September 2023, Kapal Pengawas KKP di Natuna Nambah 1 Lagi datang dari Jepang

Dalam video itu terlihat enam kapal China berada di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia.

Kapal yang terlihat paling jelas adalah kapal destroyer Kunming-172.

Baca Juga:
Terdeteksi Ilegal, 2 Kapal Ikan Asing Berbendera Vietnam Dihentikan KKP

”Nelayan merasa takut gara-gara ada mereka di sana, apalagi itu kapal perang. Kami ingin pemerintah ada perhatian soal ini supaya nelayan merasa aman saat mencari ikan,” kata Hendri saat dihubungi, Rabu (15/9/2021), dikutip dari Kompas.id.

Sementara Kepala Dinas Penerangan Komando Armada I TNI Angkatan Laut Letnan Kolonel Laode Muhammad mengatakan, pihaknya belum mendapat laporan mengenai kehadiran enam kapal China yang dilihat nelayan di Laut Natuna Utara.

Baca Juga:
KKP Tangkap 2 Kapal Ikan Asing Berbendra Vietnam di Natuna Utara

Namun, apabila ada kapal China yang mondar-mandir di ZEE Indonesia, biasanya kapal TNI AL akan membayangi dan melakukan komunikasi dengan mereka.

Laode mengatakan, ada empat kapal TNI AL yang bersiaga di Natuna, yakni KRI Diponegoro-365, KRI Silas Papare-386, KRI Teuku Umar-385, dan KRI Bontang-907.

”Yang jelas, kapal kami selalu ada di sana sehingga kalau ada kapal China yang masuk (teritorial RI), kami pasti membayangi,” ujar dia.

(dien/sumber: kompas.com).