Di Harhubnas, Budi Karya Ajak Seluruh Insan Perhubungan Terus Bergerak dan Berani Berubah

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 17/Sep/2021 13:37 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi Menhub Budi Karya Sumadi

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak seluruh insan di sektor transportasi terus bergerak maju dan berani berubah.

Baca Juga:
Posko Terpadu Angkutan Lebaran Resmi Ditutup, Ada 242 Juta Pergerakan

"Untuk memberi sumbangsih terbaik bagi kemajuan transportasi, yang pada akhirnya memberi harmoni bagi bangsa dan negara kita," ujar Budi Karya di Upacara Perayaan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas). 

Tema Hari Perhubungan Nasional tahun 2021 yakni Bergerak Harmonikan Indonesia.

Baca Juga:
Pergerakan Penumpang Angkutan Umum Masih Tinggi

“Momentum Harhubnas Tahun 2021 dapat dikuti dengan sepenuh hati, sehingga dapat memperteguh semangat dan bakti yang tak henti untuk Ibu Pertiwi. Mari bersama Bergerak Harmonikan Indonesia,” ucapnya.

Dia menyampaikan, Harhubnas 2021 ini merupakan momentum yang tepat bagi Insan Perhubungan untuk terus memperbaiki kinerja di sektor transportasi, sekaligus merefleksikan apa yang sudah dilakukan dan karya apalagi yang dapat diwujudkan ke depannya bagi bangsa dan negara. 

Baca Juga:
H+4 Lebaran,1,2 juta Orang Terpantau Gunakan Angkutan Umum

Katanya, Indonesia telah masuk  tahun ke 2 pandemi Covid 19. Akibatnya, tatanan di berbagai sektor mau tidak mau harus berubah, termasuk di sektor transportasi. 

Di sisi lain insan perhubungan harus tetap bekerja membangun berbagai infrastruktur transportasi sebagai tugas dan fungsi utamanya dan juga melayani secara cermat dan apik. 

“Untuk melakukannya tentu tidak mudah, perlu inovasi dan terobosan tapi juga kehati-hatian dan yang tidak kalah penting adalah juga perubahan cara pandang untuk melihat perubahan lingkungan ini sebagai sebuah tantangan yang di baliknya selalu ada peluang,” ungkap Budi Karya.

Insan transportasi memiliki tugas yang mulia untuk mewujudkan konektivitas yang andal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah di seluruh Indonesia. 

Tidak hanya untuk saat ini, tapi juga untuk jangka panjang, di mana tantangan yang dihadapi tentu juga akan lebih besar. 

“Transportasi yang lebih berkelanjutan, lebih ramah lingkungan akan menjadi sebuah keniscayaan,” ujar Budi Karya.

Dalam rangka memperingati Harhubnas, sejumlah kegiatan telah disiapkan untuk dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh insan transportasi, baik pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat. Kegiatan-kegiatan tersebut di antaranya Kick off Harhubnas 2021 yang telah digelar pada 1 September yang lalu; Donor darah dan plasma konvalesen; Bakti Sosial, Kebersihan Lingkungan dan Ziarah ke makam pahlawan; Webinar Perhubungan Mengajar dan Webinar Keselamatan Transportasi; Penandatanganan P3D dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kepada Pemprov Jawa Timur serta Penandatanganan MoU antara Kementerian Perhubungan dengan Badan Pusat Statistik.

Selanjutnya Launching Kampanye Kolaboratif “Insan Transportasi Melayani Negeri”, Perlombaan Film Pendek Keselamatan Transportasi, Tiktok Competition Harhubnas ‘Aku dan Transportasi”; Peresmian Sarana Prarana Transportasi; serta Pelantikan Perwira Transportasi. 

Turut hadir secara langsung mengikuti upacara Pejabat Tinggi Madya di lingkungan Kementerian Perhubungan dan diikuti secara virtual oleh pegawai Kemenhub di seluruh Indonesia serta stakeholder Perhubungan baik dari pemerintah daerah maupun BUMN. (omy)