Angkasa Pura I Sabet Penghargaan ISDA 2021

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 18/Sep/2021 07:08 WIB
Angkasa Pura I terima penghargaan Angkasa Pura I terima penghargaan


JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Angkasa Pura I (Persero) senantiasa menerapkan praktik bisnis berkelanjutan, salah satunya dengan berkontribusi terhadap pemberdayaan dan pengembangan lingkungan sosial, khususnya di bidang pendidikan dan berkontribusi positif terhadap pemeliharaan lingkungan alam. 

Angkasa Pura I sabet penghargaan Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2021, karena dinilai telah mengimplementasikan praktik tanggung jawab sosial perusahaan berdasarkan ISO 26000:2013 terkait tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs). 

Baca Juga:
InJourney Airport Klaim Sangat Siap Hadapi Angleb 2024

Penghargaan tersebut diserahkan kepada Herriyanto, Corporate Social Responsibility Environment Senior Manager PT Angkasa Pura I (Persero) di Hotel JS. Luwansa Jakarta, Jumat (17/9/2021).

"Penghargaan ini merupakan wujud komitmen Angkasa Pura I untuk turut mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Indonesia. Kami berterimakasih atas penghargaan ISDA 2021 yang diberikan dari Corporate Forum for SCR Development ini," ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi.

Baca Juga:
Jelang Angleb, Bandara Supadio Pontianak Memastikan Pelayanan Prima

Penghargaan ini merupakan penyemangat, khususnya insan Angkasa Pura I yang menjalankan fungsi CSR dan menjadi pengingat bahwa sebagai perusahaan, Angkasa Pura I perlu berjalan beriringan dan berperan dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat serta pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan.

Penghargaan ISDA 2021 yang diterimanya, terkait dengan kontribusi perusahaan dalam pencapaian poin SDGs 4.1 tentang peningkatan pendidikan.

Baca Juga:
Sepanjang Februari, AP1 Layani 5 Juta Penumpang

Pada bidang pendidikan ini Angkasa Pura I menurut Faik, menginisiasi Program Beasiswa Diploma III (DIII)Program Studi Kebandarudaraan di Universitas Mataram.

Program Beasiswa DIII Kebandarudaraan dimulai sejak 2019 bagi siswa siswi lulusan sekolah menengah berprestasi dan berasal dari keluarga prasejahtera di  wilayah kerja Angkasa Pura I yang juga lulus seleksi perusahaan. 

Adapun bentuk bantuan pada program beasiswa ini yaitu  beasiswa biaya kuliah hingga lulus; akomodasi siswa dalam dormitory berserta dengan pemenuhan kebutuhannya; bantuan fasilitas pendidikan berupa laptop dan koneksi internet. 

"Selain itu, penerima beasiswa juga diberikan program pengembangan diri seperti kursus Bahasa Inggris, pembinaan mental dan fisik untuk membentuk kedisiplinan, pembinaan keagamaan dan sosial, pengembangan softskill melalui keikutsertaan pada ajang Duta Bahasa NTB dan kejuaraan olahraga lainnya," bebernya. 

Hingga 2020, jumlah siswa yang menjadi peserta program beasiswa ini yaitu sebanyak 58 siswa yang terdiri dari 29 siswa per angkatan. 

Nantinya, setelah lulus pendidikan tinggi, para penerima beasiswa D3 ini berkesempatan untuk diangkat menjadi karyawan Angkasa Pura I jika dinyatakan lulus tes kesehatan yang menjadi standar perusahaan. Lulusan program ini akan diposisikan sebagai Staf Operasi Bandara yang meliputi bidang-bidang seperti Aviation Security, Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran, dan Airport Operation Officer. 

Sebagai informasi, pada bidang pendidikan, Angkasa Pura I juga juga menginisiasi Program Perpustakaan Digital di Semarang untuk meningkatkan minat baca masyarakat melalui penyediaan website berisi e-book bacaan umum, remaja, anak, dan sastra klasik serta buku kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah, serta buku audio juga film. (omy)