KSOP Marunda Gandeng BKKP Gelar Penyuluhan Kesehatan dan Bagikan Paket Sembako

  • Oleh : Ahmad

Senin, 20/Sep/2021 20:41 WIB
Foto:BeritaTrans.com/aksi.id/ahmad Foto:BeritaTrans.com/aksi.id/ahmad

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2021 dirayakan KSOP Kelas IV Marunda bersama Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP), Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, dengan melakukan penyuluhan kesehatan dan bakti sosial bagi warga sekitar Pelabuhan  Marunda, di Terminal Umum Karya Citra Nusantara (KCN), Senin (20/9/2021).

Baca Juga:
KSOP Marunda Serahkan Surat Dibukanya Kembali Layanan Kapal di PT Karya Citra Nusantara

Kegiatan sosial itu berupa  pembagian masker dan sembako sebanyak 250 paket.

Kegiatan sosial  dengan tag line  Pelabuhan Marunda Safety dan Kondusif dengan Hidup Sehat dan Bersih” dihadiri Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) daerah pemilihan DKI Jakarta, Fahira Idris. 

Baca Juga:
Antusiasme UPT DJPL Wilayah Jakarta, Meriahkan Harhubnas 2023 `Melaju untuk Transportasi Maju`

Selain itu juga hadir instansi mitra Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Marunda, sejumlah  asosiasi pengguna jasa di antaranya DPC Indonesia National Shipowners Asociation (INSA) , DPW Indonesia Shipowners Agency Asociation  (ISAA), DPW Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBM),  Gerakan Bahari Nusantara (GBN), Paguyuban Perusahaan Operasi Pelayaran (PPOP), dan perusahaan pengguna jasa diantaranya PT. Krakatau Bandar Samudera (KBS), PT Merasati Anugerah Utama, PT. Segara Cahaya Mandiri (SCM).

Baca Juga:
Sambut Harhubnas, KSOP Marunda Gelar `Talk Show` tentang Budaya Anti Korupsi dan Penanggulangan Pencemaran Laut

Menurut Kepala KSOP Marunda,  Capt. Isa Amsyari, antusias masyarakat sangat besar, hal ini menandakan kehadiran pelabuhan di Marunda dirasakan oleh masyarakat sekitar.

"Dengan dukungan pengguna jasa dan masyarakat kegiatan pelabuhan akan berkembang, begitu juga dengan adanya pelabuhan yang pelayananya prima pengguna jasa akan berkembang usahanya, dan masyarakat juga akan dapat menfaatnya," kata Capt. Isa Amsyari.

Dan kepada masyarakat Capt. Isa Amsyari berharap semoga penyuluhan atau sosialisasi ini menjadi pengetahuan yang berarti dalam menghindari wabah covid dengan hidup bersih dan sehat.  Juga bantuan dari para donatur semoga bermanfaat buat keluarga masing-masing.

Kepala Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) dr. Hesti Ekawati M.MTr, menyatakan kegiatan penyuluhan kesehatan akan memberikan manfaat bagi masyarakat, mengingat saat ini keadaan lingkungan masih belum hilang dari pandemi Covid - 19.

"Dimasa pandemi perlu kerja tim untuk menangani agar dampak dari penyebaran virus dapat dicegah oleh masyarakat itu sendiri, walaupun sudah ada tim satgas pencegahan penyebaran Covid- 19," kata Dr. Hesti.

Sementara itu Ketua DPC INSA Jaya, Capt. Alimudin dalam sambutan menyatakan kegiatan pemberian sembako yang disatukan dengan kegiatan penyuluhan kesehatan ini sangat baik, karena menyentuh langsung pada masyarakat sekitar. 

"Ini kerja baik, masyarakat yang dekat pelabuhan tidak hanya melihat pelabuhan, kapal-kapal, dan kegiatan bongkar muat barang di dermaga,  tapi juga merasakan langsung kegiatan disini, sehingga menciptakan hubungan harmonis  antara pengguna jasa, operator pelabuhan dan masyarakat.

Fahira Idris dalam sambutannya menyatakan kegiatan bakti sosial berupa penyuluhan kesehatan dan pembagian sembako banyak manfaatnya.

"Dalam menjaga kesehatan masyarakat akan mendapat pemahaman lagi mengenai sumber penyakit, cara menanganinya dan bisa bertanya langsung pada hal- hal yang ingin diketahuinya," kata Fahira Idris.

Fahira Idris pada acara itu juga memberikan penghargaan pada sejumlah pihak yang berdedikasi dalam tugasnya di lingkungan kawasan Marunda.

Penghargaan juga diberikan diantaranya pada Kepala BKKP Dr. Hesti Ekawati, Ketua DPC INSA Capt. Alimudin, Mayor Dwi Purnomo Koramil Cilincing,  Kapolsek Cilincing, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Kali Baru, PT. Krakatau Bandar Samudera (KBS), PT Merasati Anugerah Utama, PT. Segara Cahaya Mandiri.

Direktur Operasi PT. KBS, Cahyo Antariksa  juga memberikan smabutan menyatakan, pihaknya  ikut memperhatikan kegiatan dimana perusahaan berada. Termasuk kegiatan sosial yang berlangsung, agar keberadaannya juga bisa bermanfaat buat masyarakat. 

Dalam penyuluhan itu  BKKP menampilkan Dr. Sofia Putri Nirmala. Dalam sosialisasi itu disampaikan pentingnya vaksin, untuk mendapatkan kekebalan kelompok (Hard Imunity).

Selain itu juga dijelaskan apa gunanya vaksin, cara mencegahnya, menanggulanginya sampai pada benda yang bisa dijadikan alat mencegahnya seperti sabun dan bahan kimia pembersih.

"Jangan lupa tetap menjalankan protokol kesehatan yang saat ini prokesnya dengan 6 M," kata Dr. Sofia.

Antusias masyarakat yang mengikuti penyuluhan cukup tinggi. Terlihat pada saat dibuka pada sesi tanya jawab, maka masyarakat yang hadir langsung mengajukan berbagai pertanyaan.(ahmad)