Dinilai Peduli Peninggalan Budaya, Bupati Indramayu Dapat Penghargaan

  • Oleh : Taryani

Selasa, 21/Sep/2021 13:45 WIB
Bupati Indramayu, Nina Agustina. (Ist.) Bupati Indramayu, Nina Agustina. (Ist.)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) - Balai Arkeologi ( Balar) Jawa Barat memberikan apresiasi kepada Bupati Indramayu Hj Nina Agustina terkait kepeduliannya terhadap aktivitas penelitian arkeologi dan tinggalan budaya di wilayahnya.

Apresiasi ini diberikan langsung Kepala  Balai Arkeologi Jawa Barat,  Deni Sutrisna, SS., M.Hum, di Bandung  Senin (20/9/2021).

Kepala Balai Arkeologi Jawa Barat,  Dedi Sutrisna mengatakan,  apresiasi ini diberikan kepada Kepala Daerah  Kabupaten Indramayu yang peduli terhadap penelitian arkeologi.

Khususnya terkuat temuan artefak dan susunan bangunan di situs Sambimaya,  Kecamatan Juntinyuat,  Kabupaten Indramayu beberapa waktu lalu.

"Kami bangga punya Kepala Daerah yang peduli dengan tinggalan budaya. Termasuk aktivitas penelitian arkeologi yang dilakukan di Indramayu," jelas Deni Sutrisna yang  pernah menjadi Kepala Balai Arkeologi di Ambon dan Medan.

Hal yang sama disampaikan Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu,  Dedy S Musashi, SS. Ia menilai sangat jarang dan dapat dihitung dengan jari Kepala Daerah yang peduli terhadap tinggalan budaya.

Menurut Dedy, masyarakat Kabupaten Indramayu patut bangga ada Kepala Daerah yang respon dan peduli dengan tinggalan - tinggalan arkeologi yang dimilikinya.

Dedy menjelaskan,  sejak awal memimpin,  Bupati Indramayu Nina Agustina sudah mengundang TACB dan para penggiat cagar budaya di Indramayu untuk mengenal lebih dekat tinggalan - tinggalan arkeologi yang dimiliki.

Salah satunya seperti berkunjung ke Situs Candi Sambimaya, Situs Makam Habib di Sindang, dan bangunan eks Belanda yang kondisinya saat ini masih cukup memprihatinkan.

Dedy menambahkan, Bupati Indramayu tidak hanya berkunjung, tetapi memikirkan kedepannya situs ini dapat dimanfaatkan untuk kepentingan edukasi, penelitian dan pariwisata. (Taryani)