Warga Kecamatan Sukagumiwang dan Bangodua Indramayu Ingin Pembangunan Jembatan Cimanuk

  • Oleh : Taryani

Selasa, 21/Sep/2021 19:18 WIB
Masyarakat Kecamaan Bangodua dan Sukagumiwang menginginkan pembangnan jembatan Cimanuk seperti di Kecamatan Jatibarang ini.. (Ist.) tibarang yang sering digunakan pengendara kendaraan bermotor di jalan Pantura Indramayu. (Ist.) Masyarakat Kecamaan Bangodua dan Sukagumiwang menginginkan pembangnan jembatan Cimanuk seperti di Kecamatan Jatibarang ini.. (Ist.) tibarang yang sering digunakan pengendara kendaraan bermotor di jalan Pantura Indramayu. (Ist.)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) – Keinginan masyarakat Desa Gedangan, Kabupaten Indramayu, Jabar soal pembangunan jembatan Cimanuk  menghubungkan wilayah  Kecamatan  Sukagumiwang dan Kecamatan  Bangodua hingga saat ini masih belum terealisasi.

Padahal,  sosialisasi dan pengukuran lahan untuk pembangunan akses jalan menuju jembatan Cimanuk tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2018.

Berarti sudah 3 tahun berlalu rencana pembangunan jembatan Cimanuk itu dilakukan. Namun sayangnya  hingga saat ini rencana pembangunan Jembatan Cimanuk itu  masih belum terwujud.

Jembatan Cimanuk melintang di atas sungai Cimanuk. Panjang jembatan Cimanuk diperkirakan mencapai sekitar  150 meter dan lebar akses jalan menuju ke jembatan Cimanuk sekitar 7 meter.

Alasan kenapa masyarakat dua kecamatan itu menginginkan segera dibangun jembatan Cimanuk,  karena  masyarakat Kecamatan Bangodua dan Sukagumiwang sejak jaman penjajahan hingga sekarang  cukup kesulitan ketika saling mengunjungi di kedua wilayah itu.

Masyarakat Kecamatan Bangodua yang akan  menjangkau ke wilayah Kecamatan Sukagumiwang atau sebaliknya terpaksa harus memutar jalan yang jaraknya relatif jauh sehingga terjadi pemborosan waktu, tenaga dan biaya.

Sebab jalannya harus memutar arah yakni menuju ke wilayah Kecamatan Widasari terlebih dahulu,  baru kemudian melewati jalan Pantura menuju Kecamatan Sukagumiwang yang jaraknya cukup jauh..

Atau ada juga sebagian masyarakat Kecamatan Bangodua yang terpaksa melewati  jalan Jatitujuh Kabupaten  Majalengka untuk menjangkau ke wilayah Kecamatan Sukagumiwang yang jaraknya juga mencapai puluhan kilometer.

Seandainya jembatan Cimanuk terbangun, tentu masyarakat Bangodua tidak perlu harus memutar arah. Tapi cukup melintasi jembatan Cimanuk kemudian dalam hitungan beberapa menit saja sudah sampai ke wilayah Kecamatan Sukagumiwang. (Taryani)