Menteri PAN-RB: Tes CPNS di Wilayah Terdampak Gangguan Internet Akan Dijadwal Ulang

  • Oleh : Dirham

Rabu, 22/Sep/2021 10:10 WIB
Peserta mengikuti tes CPNS 2021. Peserta mengikuti tes CPNS 2021.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN RB) Tjahjo Kumolo mengaku, sudah mendenger keluhan peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) terkait gangguan internet Telkom. 

Atas gangguan tersebut, pihaknya pun akan melalukan penjadwalan ulang tes bagi peserta yang wilayahnya terdampak.

"Melakukan penjadwalan ulang bagi wilayah terdampak. Penjadwalan ulang ini diupayakan tidak terlalu menggeser jadwal keseluruhan," tulis Tjahjo dalam keterangan yang diterima, Selasa (21/9/2021).

Tjahjo meminta kepada pihak Telkom bekerja keras untuk segera melakukan reroute terhadap jaringan telekomunikasi. Saat ini, hal itu sudah dilakukan dan belum rampung.

"Hasil reroute ternyata belum menghasil optimalisasi jaringan," terang Tjahjo.

Demi optimalisasi hal tersebut, sejumlah langkah dilakukan Telkom demi mengurangi beban telekomunikasi ke sistem. Pertama, dengan sementara fitur face recognition sebagai last option. Kedua, mengurangi beban streaming Youtube hasil seleksi ke DC BKN.

Gangguan di Puluhan Lokasi

Diketahui, gangguan terkait terjadi saat tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. Hal ini disebabkan jaringan internet Telkomsel dan Indihome yang bermasalah sejak 19 September 2021.

Imbasnya, peserta dijadwalkan tes ulang pelaksanaan ulang oleh BKN pada Senin (20/9/2021) dan Selasa (21/9/2021). Laporan yang diterima, gangguan terjadi di 42 titik lokasi. (ds/sumber Liputan6.com)