Bupati Subang Minta Pembangunan Jalan Cipeundeuy-Serangpanjang Selesai Tahun Ini

  • Oleh : Taryani

Jum'at, 24/Sep/2021 07:53 WIB
Bupati Subang, H. Rihimat menerima laporan hasil tim evaluasi pembangunan. (Ist.) Bupati Subang, H. Rihimat menerima laporan hasil tim evaluasi pembangunan. (Ist.)

SUBANG (BeritaTrans.com) - Bupati Subang,  H. Ruhimat menerima laporan hasil survei sekaligus progres pembangunan jalan Cipeundeuy - Serangpanjang oleh Kepala Dinas PUPR Subang,  H. Syawal di Ruang Rapat Segitiga Rumah Dinas Bupati. 

Dalam pertemuan tersebut dipaparkan detail engineering design (DED) pembangunan jalan Cipeundeuy - Serangpanjang.

Selain sebagai rencana gambar kerja, DED tersebut dijadikan pedoman pelaksanaan pembangunan jalan sepanjang 24,6 Km tersebut.

Menurut Kepala Dinas PUPR Subang,  H. Syawal,  laporan yang saat ini disampaikan merupakan instruksi bupati sebagai upaya menentukan langkah dan kebijakan dalam rangka percepatan pembangunan.

Dalam paparannya disampaikan,  saat ini progres rute jalan  SUAI - Saung Bulat (Jalan LH) existing jalan telah mencapai 8,6 Km siap dilakukan pengerasan jalan dan ditargetkan selesai pada Desember 2021.

Saat ini bersama tim sedang dalam tahapan persiapan landclearing dan pembukaan jalan sepanjang 5,38 Km pada  lahan Perhutani dekat Cigebang yang masih menjadi penghubung jalan Cipeundeuy - Serangpanjang.

Ia mengatakan,  masih ada beberapa titik yang belum terhubung yang progresnya sedang diupayakan diselesaikan tahun ini.

"Sesuai arahan Pak Bupati untuk menyelesaikan proses pembangunan jalan Cipeundeuy-Serangpanjang dengan secepat-cepatnya dilakukan dengan sebaik-baiknya. Semoga tahun ini pembangunan  jalan itu selesai," ujar H. Syawal, Kamis (23/9/2021).

Pada kesempatan tersebut Kang Jimat mengapresiasi  tim pembangunan Kabupaten Subang atas berbagai progres pembangunan yang dicapai,  meski Kabupaten Subang masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Terkait pembangunan jalan Cipeundeuy - Serangpanjang,  bupati menargetkan tahun ini dapat terhubung.

Selain harus cepat, Kang Jimat menginstruksikan agar tetap memperhatikan regulasi yang berlaku,  sehingga dapat meminimalkan potensi pelanggaran aturan selama proses pembangunan.

"Saya ingin pembangunan dilakukan dengan cepat. Tapi sesuaikan dengan regulasi. Minimalkan potensi pelanggaran aturan agar niat baik bisa berjalan baik," ujarnya.

Bupati menyampaikan penyelesaian pembangunan jalan Cipeundeuy - Serangpanjang dapat menjadi pioner pembangunan jalan yang menghubungkan berbagai lokasi.

Baik di utara maupun selatan,  di antaranya terhubungnya jalan menuju akses tol Km 89 hingga di kawasan Ciater - Tangkuban Parahu menuju Lembang.

Dengan demikian dampak pembangunan Pelabuhan Patimban dapat dirasakan manfaatnya. Bukan hanya oleh Kabupaten Subang tapi juga oleh Purwakarta dan Bandung Barat.

"Upayakan agar bisa terhubung  jalan Cipeundeuy - Serangpanjang selesai tahun ini juga," katanya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Asep Setia Permana.  Kepala BP4D Subang,  Hari Rubiyanto. Plt. Kadis Pertanian,  Nenden Setiawati dan Kabag Pemerintahan Setda Subang. (Taryani)