ITTS Luncurkan Truk Listrik

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 24/Sep/2021 10:58 WIB
Rektor ITTS Tri Arief Sardjono mencoba truk listrik hasil inovasi di kampusnya. Rektor ITTS Tri Arief Sardjono mencoba truk listrik hasil inovasi di kampusnya.

SURABAYA (BeritaTrans.com) - Berangkat dari ide untuk membantu memecahkan permasalahan lingkungan akibat gas emisi kendaraan berjenis truk, tim Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS) memulai sebuah inovasi atau tahap awal. Yakni, mengonversi truk bertenaga diesel menjadi truk bertenaga listrik. 

Kerja bareng antara mahasiswa dan dosen lintas prodi yang tergabung dalam Tim Riset Pengembangan Kendaraan Listrik Autonom ITTS itu pun membuahkan hasil. 

Baca Juga:
AISMOLI: Pemerintah Buka Lebih Luas Persayaratan Insentif Motor Listrik

Truk listrik ITTS berhasil di-launching Rabu (22/9/2021). Rektor ITTS Tri Arief Sardjono mengatakan, pengembangan kendaraan listrik sejauh ini lebih banyak dilakukan pada kendaraan berjenis penumpang. 

Inovasi truk listrik itu merupakan terobosan baru dalam mengembangkan kendaraan listrik berjenis angkutan barang. 

Baca Juga:
Pajang Koleksi Kendaraan Listrik, Museum Transportasi TMII Punya Wajah Baru

Harapannya, bisa meningkatkan efektivitas sekaligus efisiensi penggunaan bahan bakar solar yang digantikan oleh listrik. 

”Ini riset yang dilakukan bareng-bareng. Di-support oleh Yayasan Pendidikan Telkom, PLN, dan juga dishub sebagai regulator,” jelasnya. 

Baca Juga:
Sunmori Motor Listrik, Menhub Budi Karya Kenalkan Kendaraan Hemat Energi

Sekretaris Dishub Jatim Luhur Prihadi berharap truk itu bisa menjadi inovasi berjangka panjang. Sementara itu, Manajer PLN UP III Surabaya Selatan Muhammad Rizlani memberikan apresiasi tinggi pada ide yang menjadi sumbangsih untuk penerapan konsep green energy tersebut.(fhm/jawapos)