Peringati Hari Maritim Nasional, Kemenhub Tegaskan Kembali Dukungan Ekspor Produk Nasional

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 24/Sep/2021 11:17 WIB
Capt. Mugen Sartoto Capt. Mugen Sartoto


JAKARTA (BeritaTrans.com) - 
Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mempersiapkan wacana baru "Indonesian Shipping Enterprise Alliance" atau Indonesian SEA. 

"Hal ini untuk membantu mendorong pertumbuhan ekspor produk nasional ke pangsa pasar dunia," ujar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Mugen Sartoto saat menjadi narasumber di acara Podcast Ditjen Perhubungan Laut "Bukan PHP" sebagai rangkaian Perayaan Hari Maritim Nasional 2021 yang disiarkan melalui kanal Youtube resmi Ditjen Perhubungan Laut, (23/9/2021).

Baca Juga:
Tiket Mudik Gratis Kapal Laut Sedot Minat Masyarakat

Saat ini pihaknya sedang mencari keberadaan muatan yang akan diekspor khususnya oleh para pengusaha UMKM.

Klasifikasi muatannya seperti apa, kebutuhan kontainernya sebanyak apa, Pelabuhan tujuan ekspornya kemana saja. 

Baca Juga:
Transformasi Digital Pelabuhan dengan Sistem Single Submission Pengangkut, Uji Coba di 46 Pelabuhan

"Kemudian kami juga melihat kondisi seperti ini idealnya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh perusahaan pelayaran nasional untuk go-internasional, tentunya dengan dukungan penuh dari pemerintah," ujarnya.

Selaras dengan gagasan pengembangan Indonesian SEA tersebut, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut juga menyiapkan media komunikasi Shipping Enterprises Alliance Communication  Media (SEACOMM) bagi produsen dan para pengusaha pelayaran nasional untuk dapat bertukar data dan informasi terkait barang yang akan diekspor serta ketersediaan ruang muat di atas kapal. 

Baca Juga:
Ditjen Hubla Bahas Perubahan Aturan Pelayaran Kapal Wisata dan Pesiar Asing di Perairan Indonesia

Dia mengungkapkan, respon dari para stakeholder, dalam hal ini para eksportir, cukup positif, karena mereka juga mencari bagaimana caranya bisa mengirimkan muatan mereka. 

Sedangkan dari sisi Pemerintah, sedang intens berkoordinasi dan berkolaborasi untuk bisa mendorong pelayaran nasional agar go internasional membawa muatan ekspor.

Oleh karena itu, Capt Mugen berharap dukungan penuh dari seluruh stakeholder dalam rangka merealisasikan gagasan Indonesian SEA ini.

“Perkenankan saya mengajak seluruh stakeholder untuk bekerja bersama dengan sebaik-baiknya untuk merealisasikan pembentukan Indonesian SEA yang akan memberi dampak besar dalam rangka menuntaskan kendala ekspor produk nasional Indonesia ke pangsa pasar dunia dan menjadikan pelayaran nasional sebagai Pride of the Nation yang pastinya akan memberikan nilai tambah terhadap daya saing Indonesia di dunia internasional,” beber dia.

Capt Mugen juga membahas kendala yang muncul dari melonjaknya ongkos kirim muatan ekspor yang disebabkan pelabuhan tujuan ekspor memberlakukan lockdown setiap kali ada pekerja bongkar muat yang dinyatakan positif covid 19. 

Akibat lockdown ini lah yang akhirnya membuat kapal yang membawa muatan ekspor, termasuk ekspor dari Indonesia harus menunggu berhari-hari sebelum mendapatkan kesempatan untuk sandar di Pelabuhan tersebut.

Ketika kapal menunggu antrian, tentunya biaya operasional kapal tetap harus dikeluarkan oleh pemilik kapal, termasuk biaya BBM. 

Biaya inilah yang kemudian membengkak pengeluarannya dari yang seharusnya dikeluarkan saat kondisi normal. 

"Lalu siapa yang akan dibebankan terhadap biaya ini? Tentunya pemilik barang yang barangnya ada di atas kapal tersebut," imbuhnya.

Hal – hal ini lah yang menyebabkan melonjaknya ongkos kirim muatan ekspor (Ocean Freight).

Namun, pemerintah tentu tidak diam saja.  Sudah setahun terakhir ini pemerintah mencoba untuk mengatasi permasalahan ini.

Kalau dilihat dari hukum ekonomi, Capt Mugen menjelaskan ketika permintaan tinggi, maka perlu segera banjiri dengan supply sebanyak mungkin untuk menstabilkan harga. Namun menurutnya, di shipping industry ternyata tidak semudah itu, karena banyak stakeholder yang terlibat didalamnya.

“Saat ini kami sudah mulai dari mencari keberadaan muatan yang akan di ekspor khususnya oleh para pengusaha UMKM, klasifikasi muatannya seperti apa, kebutuhan kontainernya sebanyak apa, Pelabuhan tujuan ekspornya kemana saja. Kemudian kami juga melihat kondisi seperti ini idealnya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh perusahaan pelayaran nasional untuk go internasional, tentunya dengan dukungan penuh dari pemerintah, dalam hal ini, kami sedang menggodok potensi aliansi pelayaran nasional melalui Indonesian Shipping Enterprise Alliance (Indonesian SEA), suatu program untuk kembali mengibarkan Merah Putih di perairan dunia,” tutupnya. (omy)