Kepala BBWSCC, Setu Patok dan Setu Sedong Miliki Potensi Sumber Daya Wisata

  • Oleh : Taryani

Jum'at, 24/Sep/2021 17:25 WIB
Suasana pertemuan  Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung dengan Bupati Cirebon, Imron. (Ist.) Suasana pertemuan Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung dengan Bupati Cirebon, Imron. (Ist.)

KABUPATEN CIREBON (BeritaTrans.com) – Kepala BBWS Cimanuk Cisangarung, Dr. Ismail Widadi, ST, M.Sc mengatakan, pada dasarnya potensi sumber daya air yang menjadi kekayaan Kabupaten Cirebon mempunyai potensi wisata.

Contohnya katanya  seperti Setu Patok, Setu Sedong itu potensi sumber daya airnya  sangat besar, begitu juga dengan potensi sumber daya wisatanya sangat besar.

Ia mengemukakan hal itu tatkala bersilaturahmi dengan Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag di Pendopo Bupati Jalan Kartini Kota Cirebon, Kamis (23/9/2021).

Kepala BBWS Cimanuk Cisangarung, Dr. Ismail Widadi, ST, M.Sc mengatakan, kedatangannya ke Rumdin Bupati Cirebon salah satunya untuk menjalin silaturahmi. Sebab selama ini BBWS Cimanuk Cisangarung merupakan mitra kerja Pemkab Cirebon.

Dalam pertemuan tersebut dibahas sejumlah potensi sumber daya air yang ada di Kabupaten Cirebon.

Menurutnya, potensi sumber daya air yang ada di Kabupaten Cirebon bisa dikembangan lebih maju lagi.

Bupati Imron mengemukakan, dalam pertemuan itu banyak hal yang dibicarakan. Salah satunya terkait potensi yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon.

“Kami membicarakan potensi dan permasalahan yang ada di Kabupaten Cirebon. Khususnya yang masih ada kaitannya dengan pihak BBWS Cimanuk Cisangarung,” kata Bupati Imron.

Menurut bupati, wilayah Kabupaten Cirebon merupakan wilayah bawah. Sehingga ketika ada hujan deras di wilayah Kabupaten Cirebon akan berdampak ke Kabupaten Cirebon sendiri.

“Kalau hujan, Kabupaten Cirebon selalu ada banjir. Karena Cirebon kan di bawah yang di atas ada Kuningan, sehingga butuh kerja sama dengan BBWS Cimanuk Cisangarung dan Pemkab Cirebon untuk mengatasinya,” katanya.

Selain itu, lanjut Imron, pertemuan tersebut juga membahas potensi sumber daya yang ada di Kabupaten Cirebon.

“Kita akan kerja sama untuk menggali potensi sumber daya air. Sebab kita memiliki Setu Patok, Setu Sedong, serta beberapa embung,” katanya.

Namun demikian, sejumlah potensi air tersebut tidaklah cukup untuk mengairi semua sawah yang ada di Kabupaten Cirebon.

Diakui pihaknya masih mengandalkan Bendungan Jatigede untuk mengairi sawah di wilayah Barat Kabupaten Cirebon.

Sehingga misalkan bendungan tersebut mengalami kekurangan pasokan air  akan berpengaruh terhadap pertanian di Kabupaten Cirebon wilayah Barat.

Menanggapi pernyataan Bupati Cirebon, Kepala BBWS Cimanuk Cisangarung, Dr. Ismail Widadi, ST, M.Sc mengungkapkan, selama ini Bendungan Jatigede ikut menyuplai air untuk pertanian di wilayah Kabupaten Cirebon.

Untuk kondisi sekarang Bendungan Jatigede masih aman air juga masih normal. Tetapi kalau kemarau pasti ada kekurangan pasokan air sehingga bisa berpengaruh kepada lahan pertanian khususnya di wilayah Kabupaten Cirebon. (Taryani)