Selain Penuh Barang di Atas Bus, ALS juga Angkut Kereta dari Bekasi Menuju Medan, Ini Ketentuannya!

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 29/Sep/2021 17:25 WIB
Bus ALS dari pool Bekasi membawa barang hingga atap termasuk sepeda motor untuk menuju Medan, Rabu (29/9/2021).. Bus ALS dari pool Bekasi membawa barang hingga atap termasuk sepeda motor untuk menuju Medan, Rabu (29/9/2021)..

BEKASI (BeritaTrans.com) - Bus ALS yang akan mengangkut penumpang dari arah Bekasi atau Jabodetabek menuju Medan juga akan membawa sejumlah barang, baik ukuran besar atau barang-barang berharga menurut penumpangnya. 

Di tengah kesibukan penumpang bus akan melepas kepergian keluarganya menuju kampung halaman atau sekedar bebergian dengan menggunakan bus ALS untuk menuju Medan, Sumatera Utara. Pool bus ALS Bekasi juga disibukkan para kru yang mengemas atau menaikkan barang penumpangnya yang banyak tersebut. 

Baca Juga:
Terminal Kepuhsari Jombang Hanya Berangkatkan Sedikit Bus saat Libur Panjang

Terlihat seorang kru petugas loket tengah membungkus sebuah sepeda motor atau orang Medan menyebutnya dengan Kereta. 

Baca Juga:
Lika-Liku Perjalanan Bus ALS Bekasi ke Medan, Lalui Lintas Tengah Sumatra Berhari-Hari

Dialah Pak Paan tengah mempersiapkan sepeda motor, setelah selesai pengemasan sepeda motor tersebut dia juga akan dibantu dengan kru bus lain untuk menaikkannya ke atas bus beserta barang-barang lainnya. 

Sejumlah barang tersebut merupakan milik penumpang untuk tujuan medan ataupun di beberapa provinsi lain yang akan dilewati bus tersebut. 

Baca Juga:
Sopir Jaklingko dan Pengurus Bus AKAP Cekcok di Terminal Lebak Bulus, Begini Kronologinya

Pak Paan dalam sekali membungkus sepeda motor akan menggunakan kardus bekas dan sebuah lakban. 

"Satu lakban (kuning) ini untuk dua keretalah," sebutnya kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id, Rabu (29/9/2021). 

Biaya pengepakan sepeda motor tersebut dijelaskan Pak Paan akan menambah biaya diluar tarif yang tertera pada ketentuan dari perusahaan. 

Bus ALS bukan hanya mengangkut penumpang dan sepeda motor, dengan melalui jalan darat melintasi berbagai provinsi bus juga mengangkut barang lainnya termasuk dalam kemasan kardus, plastik besar atau koper hinga tas. 

Mengirim barang melalui bus antarkota antarprovinsi (AKAP) saat ini sangat mudah dan termasuk aman selain mengunakan ekspedisi. 

Bus yang berjalanan melewati darat dengan menempuh berbagai kota-kota besar, juga menjadi pilihan pelanggan untuk mengirimkan sejumlah barang. Tak tanggung-tanggung, dua unit sepeda motor juga tampak masing-masing dinaikkan ke atas bus dan di dalam bus. 

Dengan dipacking atau dibungkus dengan sejumlah kertas pengaman dan dikeluarkannya bahan bakar terlebih dahulu, sebuah kereta dinaikkan menggunakan tangga besama barang-barang lainnya. Dan satu buah sepeda motor berjenis matik juga dinaikkan pintu belakang bus tersebut. 

"Satunya enggak di atas, repot. Ini yang satunya cuma sampai Pekan Baru jadi dinaikkin ke Belakang aja," kata Pak Paan. 

Jangkauan yang sedikit tinggi diharuskan sebuah motor harus di bantu mengangkatnya beramai-ramai bersama kru dan beberapa penumpang bus laki-laki. 

Tampak beberapa orang kru bus dan petugas kantor tiket tampak mengangkat kereta secara bersemangat dengan aba-aba dari agen tiket bernama Maurit. 

"Satu dua tiga, ayoo-ayoo lagi," sahut Maurit. 

Kru lain juga tampak menyambut di dalam bus."Terus angkat lagi," sambut pengangkat lain. 

Selain sepeda motor bus juga bisa mengirimkan sejumlah barang hingga ke atap bus, baik berbentuk panjang, besar atau berat dengan besaran ketentuan harga. 

Barang-barang yang diangkut menggunakan bus ALS tersebut, sebagian merupakan milik penumpang bus yang ikut dalam perjalanan, maupun ada milik orang pengirim untuk diterima dengan orang lain di tujuan bus tersebut. 

Barang bawaan akan dibungkus dengan terpal dan diikat hingga dipastikan dengan benar-benar rapih dan aman dari hujan dan hal lain yang tidak diinginkan.

Agen pengurus tiket bus ALS Bekasi, Maurid Siahaan menjelaskan tarif mengangkut sebuah sepeda motor dengan kapasitas mesin atau CC yaitu Rp1 juta. 

"Kalau bawa kereta besar 150cc, satu juta lima ratus. Sama peckingnya tambah 100, jadi Rp1,6," kata Maurit. 

Mengenai pengiriman sepeda motor akan dikenakan biaya Rp1 juta sampai Rp1,5 juta tegantung ukuran motor yang akan diangkut. Itu juga masih harus ditambah uang pengemasan atau packing menggunakan kardus sebesar Rp100 ribu. 

"Kalau motor Rp1 juta untuk yang bebek. Kalau dibungkus tambah jadi Rp,1,1 juta. Kan untuk beli kardus sama lakban lagi kan," katanya. 

Tarif tersebut dikatakannya juga berlaku bagi penumpang yang ikut serta dalam perjalanan bus. Jika penumpang berangkat harus menyiapkan tiket, maka kereta atau barang tersebut juga terkena tambahan biaya lagi sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan oleh ALS. 

Tarif barang bawaan lainnya juga dijelaskan Maurit. Untuk barang bawaan seadanya maka akan digratiskan, jika sudah melebihi ketentuan atau dibatas kewajaran maka barang dikenakan biaya sesuai beban. 

"Kalau barang, perkilogram Rp5.400," katanya. 

Maurid menjelaskan, ketentuannya ialah, jika barang yang dikirim melebihi 40 Kg, akan dikenakan biaya Rp5400 per setiap kilogram. Namun jika barang tidak mencapai atau di bawah 40 Kg, maka yang ditentukan dengan tarif per volume, seperti per kardus dan satuan lainnya. 

Lebih lanjut, jika penumpang membawa barang lebih dari perkiraan akan dikenakan tarif tambahan, seperti uang rokok kru. 

Agen itu mencontohkan, penumpang membawa barang koper berukuran sedang sebanyak tiga buah akan digratiskan, namun jika barang ukurannya melebihi koper atau lebih dari tiga barang akan dimintai uang tambahan. 

Dia mengatakan uang rokok itu dipatok minimal Rp50 ribu sampai lebih, tergantung banyaknya barang dan ukuran barang. 

Untuk memastikan kemanan barang tertinggal atau tertukar, ALS memberikan tanda pada barang atau paket bawaan penumpang dengan lebel sesuai tiket. 

Label akan diikat kebarang yang akan naik di bagasi. Untuk barang paket atau tanpa penumpang akan ditandai dengan spidol sesuai alamat yang ditujukan. 

Barang paket antaran atau barang tanpa penumpang, akan dikenakan biaya tarif sesuai jarak atau lokasi tujuan. Tarif paket juga disesuaikan. PO ini tidak merinci daftar harga paket dengan tujuannya. 

Berpergian dengan membawa banyak barang dengan menggunakan angkutan bus, merupakan pilihan yang tepat bagi sebagian orang. Selain bisa membawa macam barang dengan ukuran yang beragam, harganya juga murah. 

Barang yang banyak juga terkadang ukurannya bervariasi, mulai dari tentengan kantong plastik, koper kecil, sedang, besar hingga kardus jumbo, sangat mudah dimasukkan ke bagasi bus yang luas. 

Penumpang atau pengirim barang, sebaiknya juga harus memperhitungkan barang apa yang akan dikirimkan. Perjalanan darat yang jauh dan harus berhenti di beberapa loket membuat barang bawaan akan lebih sering naik turun untuk disusun kembali oleh kru. Sebaiknya penumpang harus mengemas barang dengan baik, agar barang tidak rusak ketika terbanting. 

Penumpang lebih nyaman untuk membawa barang yang banyak, karena selain harganya yang murah, semua jenis barang dapat diangkut menggunakan moda transportasi tersebut, terkecuali barang terlarang, seperti narkoba dan lainnya.(fahmi)