Mantap, JAS Telah Tangani Kedatangan 54 Juta Dosis Vaksin Covid-19 di Terminal Kargo Bandara Soetta

  • Oleh : Naomy

Kamis, 30/Sep/2021 17:57 WIB
Penanganan ketibaan Vaksin Astrazaneca oleh JAS Penanganan ketibaan Vaksin Astrazaneca oleh JAS


TANGERANG (BeritaTrans.com) - Mantap, PT Jasa Angkasa Semesta (JAS AIrport Services) telah menangani kedatangan lebih dari 54 juta vaksin Covid-19 terhitung sejak awal tahun 2021.

Vaksin tersebut dikirim dari berbagai negara di dunia melalui terminal Kargo Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

“Komitmen PT JAS untuk selalu mendukung kedatangan jutaan dosis vaksin Covid-19 dalam upaya mendukung target program pemerintah Indonesia hingga 80 persen pada tahun 2021, dengan penanganan kelas dunia,” kata Corporate Communication PT JAS Ageng Wibowo, saat menyambut kedatangan 796.800 dosis vaksin Astra Zeneca di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (30/9/2021).

Penanganan 54 juta dosis vaksin yang terdiri dari AstraZeneca, Sinovac, Sinopharm, Moderna, Johnson & Johnson serta Pfizer dilakukan dengan memenuhi prosedur yang dibutuhkan oleh masing-masing jenis vaksin. 

Baca Juga:
Cuma 12 Hari Libur Lebaran, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Tembus 2,02 Juta, jadi Tersibuk di Asia Tenggara

Untuk menjamin keutuhan vaksin yang dikirim melalui udara itu, menurutnya, JAS Airport Services juga menyediakan Sistem Rantai Dingin (Cold Chain System).

"Gunanya untuk menjaga kualitas vaksin yang ditangani sejak turun dari pesawat hingga masuk ke dalam truk pengangkut berpendingin," ungkapnya. 

Baca Juga:
Bandara Angkasa Pura II Siap Sambut Arus Balik dengan Layanan Optimal

Untuk meningkatkan dan mendukung penanganan rantai dingin produk kargo yang sensitif terhadap perubahan suhu (temperature sensitive cargo) seperti produk farmasi dan kargo yang mudah rusak, JAS Airport Services mengerahkan dua Jalur Antrian Berpendingin (RQL) dan Area Tertutup Berpendingin (REA) seluas 1.800 m3 di fasilitas ruang dingin gudang kargo Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Selain itu, penggunaan selimut termal (Thermal Blanket) juga dilakukan, ditujukan untuk menjaga suhu produk yang sensitif terhadap perubahan suhu pada saat memindahkan produk kargo dari pesawat untuk masuk ke gudang penimbunan sementara.  

Vaksin Astrazeneca merupakan bantuan dari pemerintah Italia melalui kerja sama multilateral Covax yang tiba hari ini merupakan kedatangan batch ke-39 yang sudah ditangani oleh JAS Airport Services sejak 21 Februari 2021. 

*Kedatangan vaksin AstraZeneca selanjutnya dijadwalkan akan tiba di tanah air, Sabtu (2/10/2021) sebanyak 600.000 dosis yang merupakan bantuan dari pemerintah Perancis melalui kerja sama serupa," pungkas Ageng. (omy)