Hasil Kualifikasi MotoGP Amerika - Bagnaia Hattrick Pole Position, Marquez Ketiga, Rossi Crash!

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 03/Okt/2021 18:56 WIB
Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Foto: kompas.com. Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Foto: kompas.com.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pebalap Ducati, Francesco Bagnaia, berhasil menyabet pole position untuk balapan MotoGP Amerika 2021.

Kepastian itu diraih Francesco Bagnaia setelah menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi 2 (Q2) MotoGP Amerika 2021, Minggu (3/10/2021) dini hari WIB.

Baca Juga:
Menjelajah Taman Safari Indonesia Dengan Ducati Multistrada V4 S dan Desert X.

Berlangsung di Circuit of the Americas (COTA), Francesco Bagnaia menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 2 menit 2,781 detik.

Francesco Bagnaia dibayangi oleh Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan sang raja COTA Marc Marquez(Repsol Honda) yang secara berurutan mengisi posisi kedua dan ketiga.

Baca Juga:
Honda Pamerkan All New HR-V Monochrome Series di IIMS 2023

Bagi Marquez, ini adalah kegagalan pertamanya meraih pole position di Circuit of the Americas.

Adapun Bagnaia dengan ini meraih hattrick pole setelah dirinya juga menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi MotoGP Aragon dan San Marino.

Baca Juga:
Usai Raih Gelar Juara Dunia MotoGP 2022, Ducati Bisa Lanjutkan Pesta di Mandalika

Jorge Martin (Pramac Racing) dan Takaaki Nakagami melengkapi lima besar.

Sementara itu, pebalap legendaris Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) yang menjalani kualifikasi 1 (Q1) mengalami crash.

Jalannya Kualifikasi MotoGP Amerika 2021

Sebanyak 11 pebalap harus mengikuti kualifikasi 1 (Q1) lebih dulu karena gagal tembus 10 besar dalam hasil gabungan FP1-FP3.

Adapun Q1 diikuti oleh sejumlah nama-nama besar seperti duo Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso, serta juara bertahan Joan Mir (Suzuki Ecstar).

Valentino Rossi sendiri masih begitu kesulitan untuk mencatatkan waktu terbaik. The Doctor pun bernasib serupa layaknya sesi latihan bebas dengan selalu berada di posisi bawah.

Rossi juga mendapat nasib sial karena mengalami crash di Tikungan 6 menjelang akhir-akhir Q1 sehingga tak bisa memperbaiki waktunya.

Rossi harus memulai balapan di posisi grid ke-20, hanya satu di atas Danilo Petrucci (KTM) yang menduduki peringkat buntut.

Beruntung, The Doctor tidak mengalami cedera dari insiden tersebut.

Sementara itu, Luca Marini (Avintia Sky VR46) menjadi yang tercepat di sesi Q1 dengan catatan waktu lap 2 menit 3,410 detik.

Luca Marini dibayangi oleh Joan Mir yang menjadi pebalap tercepat kedua di Q1 dengan selisih +0,130 detik.

Hasil ini membuat kedua rider tersebut melaju ke Q2 untuk memperebutkan pole position bersama 10 pebalap lainnya.

Memasuki sesi kualifikasi 2 (Q2), Marc Marquez yang menyelesaikan latihan bebas di posisi keempat langsung menjadi yang tercepat pada awal sesi.

Marc Marquez melesat dengan catatan waktu 2 menit 3,209 detik, dibayangi oleh Jorge Martin (Pramac Racing), Johann Zarco (Pramac Racing).

Posisi terdepan mulai berubah memasuki menit ke-15 setelah Francesco Bagnaia melewati catatan waktu Marquez, yakni 2 menit 2,781 detik.

Fabio Quartararo juga melesat di posisi kedua dengan selisih +0,348 detik dari Bagnaia Sementara, Marc Maqruez turun di peringkat ketiga.

Adapun Jack Miller yang menjadi pebalap tercepat pada sesi latihan bebas anjlok tak mampu melanjutkan performa terbaik.

Pada akhirnya, Jack Miller mengakhiri Q2 di peringkat keenam.

Kemudian, posisi teratas yang ditempati Bagnaia tak mengalami perubahan dengan catatan waktu yang sama.

Quartararo dan Marquez pun juga masih membuntuti Bagnaia secara berurutan di posisi kedua dan ketiga. (dn/sumber: kompas.com)