Anak Dinaikkan Kursi Roda, Gunakan KRL dari Stasiun Manggarai

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 05/Okt/2021 14:10 WIB
Satpam mengangkat seorang penumpang KRL untuk menyeberangi rel menuju peron keberangkatannya di Stasiun Manggarai, Selasa (5/10/2021). Satpam mengangkat seorang penumpang KRL untuk menyeberangi rel menuju peron keberangkatannya di Stasiun Manggarai, Selasa (5/10/2021).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Suasana di Stasiun Manggarai, Jakarta tampak sepi penumpang KRL pada Selasa (5/10/2021) siang. 

Kepadatan di luar jam sibuk tidak terjadi pada stasiun transit tersibuk di Jakarta tersebut. Penumpang tampak ramai namun, rangkaian tidak diisi oleh banyaknya pengguna. 

Baca Juga:
KAI Commuter Bagi-bagi Paket Makan Sahur di Stasiun Bogor dan Stasiun Rangkasbitung

BeritaTrans.com dan Aksi.id melihat pada dari pintu masuk tap tiket stasiun penumpang anak-anak didorong menggunakan kursi roda oleh petugas. Mereka diikuti oleh ibu dan adik anak tersebut. 

Anak tersebut tampak dinaikkan kursi roda oleh petugas yang ada di stasiun untuk dinaikkan ke rangkaian tujuannya. 

Baca Juga:
KRL Layani Lebih 11 Juta Penumpang Selama Ramadan, Stasiun Rawa Buaya Ditingkatkan untuk Naik Turun Pengguna Commuter Line Basoetta

Melewati jalur rel untuk menyeberang peron, kursi roda anak tersebut tampak diangkat dengan dibantu beberapa petugas lainnya. 

Baca Juga:
Tren Volume Penumpang KRL Jabodetabek Naik saat Ramadan, Stasiun di Kawasan Pusat Perbelanjaan Terpantau Ramai

Anak yang didorong kursi roda tersebut tampak tidak mau jauh dari orang tuannya. Terdengar berulang kali dia memanggil orang tuannya. "Mama, ayo ma," teriak bocah perempuan tersebut. 

Satpam yang mendorong tampak perlahan melewati beberapa penyeberangan peron yang ada di stasiun tersebut. Saat melewati bantalan stasiun tidak rata atau berbatu, petugas tersebut tampak meminta bantuan kepada satpam lain untuk membantunya. 

Diketahui penumpang tersebut menggunakan moda transportasi masal tersebut untuk keperluan berobat di salah satu rumah sakit. Mereka tampak pada akhirnya menunggu KRL di jalur lima untul menuju ke stasiun transit Tanah Abang. 

Di stasiun tersebut juga tampak beberapa penumpang di luar jam sibuk membawa sejumlah batang yang tampaknya untuk diangkat melewati penyeberangan antarperon dan diangkut naik ke rangkaian KRL. 

Namun, barang tersebut tampak diangkat oleh sebagian perempuan. Mereka membawa barang tersebut dengan tangan kosong untuk diangkut ke tujuannya. 

Diketahui saat ini anak usia di bawah 12 tahun dilarang menggunakan KRL demi untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Namun, pihak KAI Commuter memberi keringanan berupa, jika ada keperluan mendesak yang mengharuskan naik KRL, maka penumpang tersebut diwajibkan menunjukan surat keterangan yang jelas. Dan saat ini pengguna jiga masih diwajibkan menunjukan sertifikat vaksin atau menggunakan aplikasi peduli lindungi di smartphone. 

Terlihat di stasiun ini juga memberlakukan oemeriksaan sertifikat vaksin dan oemeriksaan suhu tubuh secara manual dengan pengukur jenis gun. Petugas di pintu tap tiket terus berjaga saat penumpang hendak masuk stasiun. 

Stasiun ini memberangkatkan KRL arah Bogor, Angke, Tanah Abang, Cikarang, Bekasi dan JakartaKota.(fahmi)