Gelar Internasional 5th ICMET, Kemenhub Berkomitmen Majukan Diklat Maritim

  • Oleh : Naomy

Selasa, 05/Okt/2021 20:46 WIB
ICMET ke-5 di PIP Makassar ICMET ke-5 di PIP Makassar

 

MAKASSAR (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan melalui Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, gelar Konferensi Internasional secara virtual bertajuk 5th International Conference Maritime Education and Training – 5th ICMET 2021. 

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Dibuka Plt. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Dr. Capt. Antoni Arif Priadi, menjadi salah satu rangkaian Dies Natalis PIP Makassar ke -100 Tahun.

5th ICMET tahun 2021 yang diselenggarakan di PIP Makassar ini mengambil tema “The Excellence of Human Resources and Technology Innovation Based on Sustainable Shipping in Strengthening the Competitiveness of Indonesian Sea Transportation”. 

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

PIP Makassar kembali menjadi tuan rumah perhelatan ini setelah tahun sebelumnya juga menjadi tuan rumah 4th ICMET tahun 2020.

"Tema ini dipilih karena kebutuhan akan tenaga terdidik, terampil dan berbakat, profesional serta berdaya saing di bidang pendidikan SDM Transportasi Laut, sehingga mendorong lembaga pendidikan dan pelatihan (diklat) untuk beradaptasi searah dengan transformasi dan perubahan nasional, regional dan perkembangan global," urainya, Selasa (5/10/2021).

Baca Juga:
Plt. Kepala BPSDMP Imbau Lulusan PIP Makassar Jadi Agen Perubahan Keselamatan Pelayaran

Saat ini pembelajaran berpusat pada kemampuan kognitif, yang mencakup beberapa keterampilan pribadi dan sosial yang dikenal dengan 4C, yaitu critical thinking, creativity, collaboration, dan communication.

"Oleh karena itu, seluruh Perguruan Tinggi di bawah BPSDMP harus dapat meningkatkan kapasitas dan kualifikasi terkait utnuk dapat memenuhi persyaratan dan kebutuhan industri," ungkap dia.

Merujuk pada pandemi Covid-19, Capt. Antoni mengungkapkan bahwa 5th ICMET tahun 2021 ini harus fokus dalam pembahasan konsekuensi yang dapat terjadi sebagai akibat dari pandemi, di mana Transportasi Laut menjadi salah satu sektor esensial dan menjadi garda terdepan dalam penyediaan barang, logistik, makanan, obat-obatan, dan peralatan medis di seluruh dunia

“Melalui ICMET tahun ini harus ditekankan pentingnya transportasi laut di masa Pandemi Covid- 19, juga bagaimana strategi untuk memperkuat kemampuan sumber daya manusia (SDM), untuk mengadopsi dan mengimplementasikan inovasi dan teknologi canggih di sektor maritim seperti kapal tanpa awak," ujar Capt. Antoni.

Dia menyambut baik penyelenggaraan 5th ICMET tahun 2021 di Kampus PIP Makassar, merupakan komitmen dalam memajukan diklat sektor maritim.

“ICMET 2021 ini merupakan kelajutan dari ICMET sebelumnya yang juga diselenggarakan di PIP Makassar pada 2020 serta tiga kegiatan sebelumnya.

Di mana pada 2019 Poltekpel Surabaya menjadi tuan rumah, pada 2018 diselenggarakan di STIP Jakarta, dan pada tahun 2016 di PIP Semarang. 

Keberlanjutan ICMET sampai saat ini menunjukkan komitmen dari seluruh elemen untuk mengakomodir pengembangan strategis dalam bidang diklat maritim di lembaga pendidikan dan pelatihan Maritim.

Perhelatan 5th ICMET tahun 2021 ini dilaksanakan selama dua hari (5-6 Oktober 2021), dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Aref Fachry dari World Maritime University Swedia, Prof. Dr. Adi Maimun Bin Malik dari Univ. Teknologi Malaysia, Prof. Dr. Giles Thomas dari BMT Chair Maritime Engineering University College London, Dr. Johannes Widodo dari National University of Singapore, dan Rafiazka M. Hilman, PH.D dari Central EuropeanUniversity Austria.

Dalam laporannya, Direktur PIP Makassar, Capt. Sukirno mengungkapkan, kegiatan yang akan dilaksanakan dua hari ini akan terbagi dalam dua sesi yaitu sesi Pleno pada hari pertama dan sesi Parallel pada hari kedua yang akan mempresentasikan 40 makalah.

“Total peserta yang mengikuti ICMET tahun ini 500 orang, yang terdiri dari seluruh kalangan pendidikan dan pelatihan maritim, Industri Maritim, dan ahli maritim," katanya. 

Selain itu kegiatan ini juga ditayangkan melalui Youtube PIP Makassar. (omy)