Mulai 9 Oktober, Peron 4 dan 5 Stasiun Manggarai Ditutup Demi Pengembangan Pembangunan

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 08/Okt/2021 21:34 WIB
Jalur 4 dan 5 di Stasiun Manggarai. (Ist) Jalur 4 dan 5 di Stasiun Manggarai. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Peron empat dan lima di Stasiun Manggarai akan ditutup dan digantikan ke jalur lain untuk manaik atau menurunkan penumpangnya. Hal itu karena untuk mendukung pengembangan pembangunan stasiun tersebut. 

Pemerintah melalui Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten yang berada di bawah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan terus mengembangkan Stasiun Manggarai untuk meningkatkan infrastruktur perkeretaapian di salah satu stasiun tersibuk di wilayah Jabodetabek tersebut. 

Baca Juga:
Program Motis 2024 Resmi Ditutup, DJKA Berhasil Angkut 12.733 Motor Pemudik

"Usai mengoperasikan jalur layang untuk lintas Bogor - Jakarta Kota pp pada 25 September lalu, pembangunan stasiun segera menuju ke tahap berikutnya," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Jumat (8/10/2021). 

Sebagai persiapan untuk tahap selanjutnya, mulai Sabtu 9 Oktober 2021 jalur 4 dan jalur 5 Stasiun Manggarai akan ditutup untuk layanan KRL. Kedua Jalur tersebut sebelumnya melayani perjalanan KRL Lin Bekasi dan Lin Loop. 

Baca Juga:
Komut KAI Said Aqil Apresiasi Kinerja Jajaran Keamanan KAI Selama Masa Angkutan Lebaran 2024

"Persiapan ini perlu dilakukan mengingat pengerjaan bangunan baru Stasiun Manggarai akan mengarah ke sisi Timur (arah bangunan lama stasiun)," jelas Anne. 

Untuk mengganti naik turun lintasan KRL yang diganti tersebut. Perjalanan KRL Lintas Bekasi / Cikarang – Jakarta Kota PP akan dilayani di jalur 1 dan jalur 2 Stasiun Manggarai. 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

"KAI Commuter dan PT Kereta Api Indonesia (persero) mendukung program tersebut dengan mengatur perjalanan KRL Lintas Bekasi / Cikarang – Jakarta Kota PP akan dilayani di jalur 1 dan jalur 2 Stasiun Manggarai," kata Anne. 

Dilanjutkan, untuk perjalanan KRL dari Angke/Jatinegara tujuan Bogor/Depok/Nambo dilayani di jalur 6 dan jalur 7. Untuk perjalanan KRL Lintas Bogor/Depok – Jakarta Kota PP tetap menggunakan jalur layang Stasiun Manggarai yaitu Jalur 10,11,12, dan 13. 

Saat ini Stasiun Manggarai melayani 538 perjalanan KRL atau 54% dari total seluruh perjalanan KRL di wilayah Jabodetabek yang berjumlah 994 perjalanan setiap harinya. 

Volume penguna KRL di Stasiun Manggarai pada masa pandemi ini rata-rata 8.338 pengguna, sementara jumlah pengguna yang transit di stasiun ini mencapai 29.980 orang. 

KAI Commuter mengajak para pengguna KRL untuk menyesuaikan rencana perjalanannya terutama saat hendak transit di Stasiun Manggarai. Utamakan keselamatan saat berpindah jalur, dengan tidak terburu-buru dan selalu memperhatikan informasi dari petugas di stasiun. Informasi juga dapat diakses melalui aplikasi resmi KAI Commuter yaitu KRL Access.(fahmi)