Pengemudi lebih Mudah Bermanuver, Ini Manfaat Bus Pakai Spion Kamera

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 10/Okt/2021 03:40 WIB
Foto:istimewa/kompas.com Foto:istimewa/kompas.com

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Karoseri Tentrem belum lama ini merilis bocoran bus baru, yakni Avante D1. Bodi bus baru dari Tentrem ini merupakan model low drive, alias kabin pengemudi ada di bawah dan penumpang di atas.

Walaupun masih berupa bocoran, sebenarnya sudah banyak informasi yang tersebar mengenai bus ini. Pertama, pemiliknya adalah PO Harapan Jaya, lalu dari eksterior, spion konvensional diganti dengan kamera, bahkan kabarnya ada fitur kamera 360 derajat.

Baca Juga:
Joss! PO Sembodo Luncurkan Bus Suite Combi Plus Rute Jakarta-Padang

Avante D1 ini menjadi bodi bus pertama di Indonesia yang menggunakan kamera sebagai pengganti spion. Nantinya hasil tangkapan kamera akan ditayangkan lewat layar LED di kabin pengemudi.

Menurut Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana, spion kamera sangat membantu pada kendaraan besar seperti bus.

Baca Juga:
Kisah Sukses PO Haryanto: Mantan Sopir Angkot Sekarang Punya Ratusan Bus

"Bus secara dimensi memang besar, begitu juga dengan blind spot-nya. Kaca spion yang ada saat ini hanya menjangkau sebagian dari sekeliling kendaraan, makanya dibutuhkan spion kamera tambahan," ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (8/11/2021).

Spion berbentuk kamera punya dimensi yang ringkas, sehingga tidak makan tempat dan jangkauannya luas. Manfaat lainnya adalah pengemudi jadi bisa lebih mandiri.

Baca Juga:
Ini PO Bus dengan Tarif Termahal, Mewah, Layanan Premium

Mandiri di sini maksudnya, dengan jangkauan kamera yang lebih luas, tugas pengemudi jadi lebih mudah ketika manuver. Apalagi jika melakukan parkir, bisa saja nantinya menggantikan pekerjaan kernet.

"Tapi perlu diingat, teknologi harus disikapi dengan bijak, jadi tidak sepenuhnya mengandalkan. Hal ini disebabkan masih ada jangkauan yang terbatas dari spion," kata Sony.

Di negara lain, fitur spion kamera ini sudah banyak digunakan. Bahkan fitur ini menjadi nilai jual dari suatu produk jika dibandingkan dengan kompetitornya.(amt/sumber:kompascom)