Penumpang KRL Terus Meningkat, KAI Commuter Ajak Disiplin Protokol Kesehatan

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 10/Okt/2021 21:01 WIB
Suasana di Stasiun Manggarai. (Foto:Istimewa) Suasana di Stasiun Manggarai. (Foto:Istimewa)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Aktivitas masyarakat yang terus meningkat seiring dibukanya kembali sejumlah kegiatan ekonomi membuat volume pengguna KRL juga bertambah. 

Dari catatan KAI Commuter sepanjang hari kerja di pekan kelima September (27 September-1 Oktober) rata-rata pengguna KRL sebanyak 359.829 orang per hari. Sedangkan di hari kerja pekan pertama Oktober (4-8 Oktober) rata-rata pengguna KRL sebanyak 384.205 orang per hari atau bertambah sekitar 6,7%. 

Baca Juga:
Jadwal Keberangkatan LRT Jabodebek Kamis 28 Maret, Promo Tarif Maksimal Berlaku di Jam Ini!

"Terus bertambahnya pengguna KRL diantisipasi KAI Commuter dengan melakukan pembatasan pengguna sesuai kuota yang diizinkan," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Ahad (10/10/2021) malam. 

Petugas di lapangan terus memperketat pemeriksaan sertifikat vaksin dan protokol kesehatan yang menjadi syarat untuk naik KRL. 

Baca Juga:
Mulai 31 Maret 2024, Seluruh Loket Stasiun Purwokerto Dilayani di Gedung Baru Ticket Counter Pintu Masuk Jalan Kober

Sementara itu, KAI Commuter telah melakukan penyesuaian layanan KRL di Stasiun Manggarai sejak 9 Oktober 2021 lalu seiring ditutupnya jalur 4 dan 5 untuk tahap pembangunan. Adapun penyesuaiannya antara lain : 

- KRL relasi Cikarang-Jakarta Kota pp dilayani di jalur 1 dan 2
- KRL tujuan Bogor/Depok/Nambo dilayani di jalur 6 dan 7
- KRL relasi Bogor-Jakarta Kota pp dilayani di jalur 10, 11, 12, dan 13. 

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Rabu 27 Maret, Promo Tarif Maksimal Berlaku di Jam Ini!

"Petugas di lapangan secara konsisten terus mensosialisasikan penyesuaian ini kepada pengguna KRL di Stasiun Manggarai. Ikuti terus arahan dan informasi yang diberikan petugas," ujar Anne. 

Diinformasikan juga operasional dan layanan KRL tetap berjalan normal dimulai pukul 04.00-22.00 WIB dengan 994 perjalanan per hari. Sebanyak 307 perjalanan melayani di jam sibuk pagi yaitu pukul 04.00-09.00 WIB dan sebanyak 243 perjalanan melayani di jam sibuk sore yaitu pukul 16.00-20.00 WIB. 

Sebagai antisipasi untuk menghindari kepadatan dan antrean di dalam KRL maupun di stasiun, KAI Commuter mengimbau pengguna untuk melihat aplikasi KRL Access dan gunakan KRL diluar jam sibuk. 

KAI Commuter tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mewajibkan penggunaan masker ganda, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum maupun sesudah naik kereta. Aturan tambahan yang ada selama masa pandemi ini juga tetap berlaku. 

Aturan tambahan ini mencakup tidak berbicara saat berada di dalam kereta, lansia dan pengguna dengan barang bawaan yang besar hanya diizinkan menggunakan KRL pada pukul 10:00 - 14:00 atau di luar jam-jam sibuk, serta anak balita sementara belum diizinkan naik KRL. Untuk siswa sekolah yang belum masuk usia vaksinasi tetap dapat menggunakan KRL dengan menunjukkan surat keterangan dari sekolah untuk pembelajaran tatap muka. 

"Seluruh upaya terus dilakukan KAI Commuter agar pengguna merasa aman, nyaman, dan sehat saat naik KRL. Tetap upayakan berkegiatan dari rumah, gunakan KRL hanya saat kondisi mendesak," pungkas Anne.(fhm)