Bus Demba Sahabat Jurusan Indramayu-Dadap PP Berusaha Tepati Waktu Perjalanan

  • Oleh : Taryani

Senin, 11/Okt/2021 09:54 WIB
Bus “Demba” Sahabat tiap hari meluncur melewati Kota Indramayu pukul 07.00 WIB. (Taryani) Bus “Demba” Sahabat tiap hari meluncur melewati Kota Indramayu pukul 07.00 WIB. (Taryani)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) – Para pecinta bus zaman dahulu mungkin masih sering membaca tulisan di kaca bagian dalam bus,  “Anda Butuh Waktu, Kami Butuh Setoran.”

Pesan dari awak bus itu mudah terbaca para penumpang. Karena tulisan itu memang sengaja ditempatkan di depan atau di sisi kanan-kiri kaca jendela yang gampang dilihat penumpang.

Tulisan itu dibuat pada saat kondisi angkutan umum belum banyak persaingan seperti sekarang ini.  “Anda Butuh Waktu, Kami Butuh Setoran” pada zaman sekarang ini sudah jarang ditemukan. Mungkin sudah tidak cocok lagi dengan keadaan.   

Faktornya adalah persaingan antar bus semakin ketat. Siapa yang berhasil mempertahankan reputasi atau memenangkan persaingan dialah yang akan tetap eksis.

Munculnya persaingan di dunia transportasi,  khususnya angkutan penumpang yang ketat itu membuat para awak bus  mau tidak mau harus merubah cara baru, yaitu  dengan memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang.

Hal itu sudah dilakukan awak bus  “Demba” Sahabat tujuan Indramayu-Dadap, Kapuk Kamal. Para awak bus dinilai penumpang sudah memberikan pelayanan yang baik, yaitu mengoperasikan armada tepat waktu. 

Bus "Demba" Sahabat berangkat setiap hari melintasi Kota Indramayu sekitar pukul 07.00 WIB menelusuri rute perjalanan Lohbener – Pamanukan-Cikampek -Tol Cikopo - Jakarta  dan tiba kembali di  Indramayu sekitar pukul 17.00 WIB.

Dikalkulasi durasi waktu perjalanan Indramayu-Dadap, Kapuk Kamal  Pergi-Pulang (PP) jika tanpa ada gangguan teknis atau kemacetan di jalan hanya sekitar 10 jam.

Sekali perjalanan memerlukan waktu sekitar 5 jam. Durasi waktu 5 jam Indramayu-Dadap, Kapuk  Kamal itu terbilang singkat.

Karena ketepatan waktu selama di perjalanan itulah bus  “Demba” Sahabat  diminati  pelanggan. Baik yang akan bepergian menuju Dadap, Kapuk Kamal ataupun sebaliknya.

 

Bus "Demba" Sahabat sudah tiba kembali di jalan Pantura Patrol, Kabupaten Indramayu sekitar pukul 16.30 WIB. (Taryani)

Seperti yang terpantau BeritaTrans.com pada hari Minggu (10/10/2021) sekitar pukul 16.30  WIB,  bus “Demba” Sahabat sudah sampai di jalan Pantura Patrol. Bus terlihat sedang menurunkan para penumpang.

Para penumpang selama ini mengenal bus  “Demba”  yang meluncur dari Indramayu itu ada dua. Yaitu bus “Demba” Bhinneka warna merah putih tujuan Indramayu-Angke dan Bus “Demba” Sahabat warna hijau muda atau hijau pupus jurusan Indramayu-Dadap, Kapuk Kamal.

Keduanya memiliki kesamaan yaitu menggunakan sasis mesin Hino dan berangkat dari Kota Indramayu sekitar pukul 07.00 WIB PP. (Taryani)