LRT Jabodebek Buatan PT Inka Bisa Meluncur Tanpa Masinis

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 15/Okt/2021 14:40 WIB
Trainset ke 31 LRT Jabodebek buatan PT INKA siap meluncur. Trainset ke 31 LRT Jabodebek buatan PT INKA siap meluncur.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - LRT Jabodebek memiliki unit kereta yang paling canggih di Indonesia. Sistem perkeretaapian yang digunakan LRT Jabodebek disebut pertama kali diterapkan di Indonesia. 

Kereta-kereta tersebut pun dibuat di dalam negeri oleh BUMN PT INKA (Persero). Sudah ada 31 trainset yang diproduksi, satu trainset terakhir hari ini dikirim dari pabrik INKA di Madiun ke Jakarta siang ini. 

Baca Juga:
Top, Selama Triwulan I, Volume Penumpang Kereta Api Naik 11%

"LRT Jabodebek ini menggunakan teknologi operasi yang canggih dengan teknologi kereta api yang ada di Indonesia sebelumnya," ungkap Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri, dalam acara pelepasan pengiriman trainset kereta LRT Jabodebek terakhir, Kamis (14/10/2021). 

Zulfikri menjabarkan teknologi yang digunakan berupa Grade of Automation (GOA) level 3. Sistem ini dinilai lebih canggih daripada yang digunakan pada kereta MRT Jakarta. 

Baca Juga:
Tiket Kereta Api Tidak Tersedia? Cek di Connecting Train Aja!

Baca juga: 

Sistem GOA level 3 ini memiliki sistem blok yang memungkinkan kereta bisa dioperasikan secara otomatis dengan sistem komputer. Bahkan, pengoperasiannya pun tak perlu pakai masinis di dalam kereta. Salah satu keuntungannya adalah kereta LRT Jabodebek jadi makin jelas waktu tempuhnya, dia bilang headway alias waktu tunggu LRT Jabodebek dengan adanya teknologi ini akan dibuat cuma 3 menit. 

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Hari Ini Kamis 25 April, Tarif Promo Terjauh Berlaku di Jam Berikut!

"Teknologi yang digunakan ini merupakan generasi ketiga, menggunakan teknologi Grade of Automation atau GOA level 3. Merupakan upgrade GOA level 2 di sistem kereta MRT Jakarta," kata Zulfikri. 

"Jadi ini otomatis dan realtime, sehingga tak butuh masinis dalam armada," jelasnya. 

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengaku senang dengan pengembangan yang dilakukan PT INKA pada kereta LRT Jabodebek. Dia mengatakan INKA membuktikan bahwa Indonesia mampu membuat kereta api dengan teknologi tinggi. 

"Ini membuktikan bangsa ini bisa buat kereta api yang baik dan teknologi tinggi," ujar Luhut dalam sambutannya secara virtual. 

Dia berpesan agar detail produksi kereta LRT Jabodebek dapat diperhatikan, khususnya pada bagian pengujian kereta LRT agar bisa digunakan dengan baik. 

"Saya tekankan ini INKA, KAI, dan LEN dapat memastikan tiap detail produksi dan pengujian kereta LRT sesuai standar, ini penting untuk menjamin kualitas pelayanan dan aspek keamanan dan keselamatan pengoperasian LRT," ungkap Luhut.(fhm)