Di Konferensi PBB, Menhub: Indonesia Dukung Pembangunan Berkelanjutan dan Seimbang

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 16/Okt/2021 06:59 WIB
Menhub hadiri Konferensi PBB secara virtual Menhub hadiri Konferensi PBB secara virtual

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan dukungan Indonesia terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG’s) di Tahun 2030. 

Baca Juga:
Ruang Udara di Atas Kepri-Natuna Resmi Diatur Indonesia

Di mana pembangunan yang dilakukan memastikan keseimbangan antara aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Hal tersebut disampaikan Menhub saat berbicara dalam Konferensi Transportasi Berkelanjutan Global ke-2 yang diselenggarakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara daring, Jumat (15/10/2021).

Baca Juga:
Kemenhub Buka Peluang Airbus Ikut Kembangkan Industri Penerbangan di Indonesia

“Pembangunan yang berkelanjutan sangat penting untuk memastikan dunia yang lebih baik bagi kita semua dan generasi masa depan kita,” jelas Menhub.

Sektor transportasi berperan penting mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Terutama dalam penyediaan akses bagi masyarakat dan berperan dalam mengurangi emisi gas rumah kaca.

Baca Juga:
Hadiri Singapore Airshow 2024, Menhub Apresiasi Pengembangan Pesawat N219 dan Vela Alpha PTDI

Di masa pandemi ini, lanjut Menhub, semua negara harus melakukan upaya pemulihan ekonomi dengan memasukkan aspek berkelanjutan ke dalam agenda pemulihan.

“Indonesia mendukung prakarasa to build back better atau membangun kembali yang lebih baik untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan, khususnya di sektor transportasi,” katanya.

Indonesia menurutnya, terus melakukan sejumlah pembangunan infrastruktur transportasi dan peningkatan layanan angkutan massal. 

Seperti pembangunan MRT, LRT, kereta cepat, dan pelabuhan hijau. Pembangunan dilakukan untuk memberikan akses dan konektivitas yang lebih luas, tidak hanya di perkotaan tetapi juga di daerah terpencil. 

"Pemerintah juga memastikan keterlibatan masyarakat lokal dalam proyek pembangunan dan menyediakan lapangan kerja, yang akan memberikan kontribusi untuk pertumbuhan dan pemulihan ekonomi nasional,” tutur Menhub.

Turut hadir dalam konferensi ini Menteri Transportasi Tiongkok H.E. Li Xiaopeng dan Wakil Sekretaris Jenderal untuk Urusan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa Mr. Liu Zhenmin. (omy)