DKI Jakarta Resmi Jadi Tuan Rumah Formula E, Jokowi: Salah Satu Upaya Mengurangi Energi Konvensional

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 16/Okt/2021 23:39 WIB


Beritatrans.com - DKI Jakarta Resmi menjadi tuan rumah ajang balap ABB Formula E Champhionship pada tanggal 4 Juni 2022.

Keputusan DKI Jakarta menjadi tuan rumah ABB Formula E Championship ini telah ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris, pada 15 Oktober 2021 yang sekaligus meratifikasi kalender balapan musim ke-8 tahun 2021/2022.

Baca Juga:
Hankook Tire Hadirkan Lini Ban Mobil Listrik Andalan dalam Gelaran ABB FIA Formula E 2023 di Jakarta

Adapun kabar menggembirakan ini diumumkan oleh Alberto Longo, Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Longo menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Indonesia, terutama DKI Jakarta atas partisipasinya di ajang balap ABB Formula E Champhionship.

Longo juga menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E Champhionship.

Baca Juga:
Hankook dan Formula E Rayakan Peluncuran Kerjasama

Diadakannya ABB Formula E Championship di Jakarta dianggap sejalan dengan upaya Presiden Jokowi yang ingin mengurangi pemakaian energi konvensional da beralih ke energi yang lebih ramah lingkungan.

Dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari akun instagram @aniesbaswedan pada 16 Oktober 2021, pada sebuah video Longo mengapresiasi upaya Presiden Jokowi yang akan mengurangi energi konvensional karena selaras dengan filosofi FEO.

Baca Juga:
Peter Gonta Ungkap Singapura Ambil Alih Ajang Formula E di Jakarta

"Apalagi dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk mengambil manfaat dari tren mobil listrik dunia, Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil," ujar Longo.

Peralihan dari kendaraan pribadi dengan transportasi umum dan mempromosikan penggunaan kendaraan listrik adalah salah satu upaya yang akan ditempuh pemerintah.

Upaya dari lintas generasi dan Formula E akan membantu untuk merangkul partisipasi generasi muda serta milenial.

Di musim ke-8 ini Formula E akan hadir di kota-kota ikonik dunia yaitu Diriyah (Saudi Arabia), Rome, Monaco, Berlin, Vancouver, New York, London, dan Seoul.

Jakarta E-Prix 2022, akan menjadi gelaran balap pertama dari tiga balapan yang akan dilaksanakan secara berurutan.

Pada tahun 2022, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah beberapa gelaran balap dunia salah satunya MotorGP.

Hal ini menjadi salah satu kesempatan untuk mempromosikan Indonesia kepada dunia.

Agar lebih memaksimal manfaat ekonomi, Formula E di Jakarta bukan hanya digelar dalam satu acara saja, melainkan dalam serangkaian acara panjang selama beberapa bulan hingga Juni 2022.

Acara ini akan melibatkan banyak stakeholder, termasuk UMKM.   (ny/Sumber: pikiran.rakyat-cirebon)