Bus Bayu Bhinneka Tampil Ciamik, Sapu Bersih Penumpang Cirebon-Merak

  • Oleh : Taryani

Minggu, 17/Okt/2021 08:32 WIB
Bus “Bayu” Bhinneka sudah menggunakan Super High Deck sehingga terlihat lebih gagah dan tambah nyaman bagi penumpang. (Taryani) Bus “Bayu” Bhinneka sudah menggunakan Super High Deck sehingga terlihat lebih gagah dan tambah nyaman bagi penumpang. (Taryani)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) – Banyak pecinta bus yang tertarik melihat performa bus “Bayu” salah satu armada besutan PO. Bhinneka.  Selain mengusung sasis Hino yang dikenal bertenaga, bus “Bayu” juga sudah menggunakan deck model tinggi atau Super High Deck.

Melihat tampilan luar atau eksterior  bus “Bayu” Bhinneka ini terkesan berkelas. Para pecinta bus di Pantura Indramayu menyebut bus “Bayu” ini seperti bus pariwisata.

Owner PO. Bhinneka sengaja menyiapkan armada premium seperti bus "Bayu" ini  guna memanjakan penumpang yang baru naik atau yang sudah berlangganan bepergian menelusuri rute perjalanan Cirebon-Merak atau sebaliknya.

Menggunakan kombinasi  cat  merah dan putih yang menyala body “Bayu” terlihat bersih dan terawat.  

Belum lagi ditambah tulisan “Bayu”  pada keempat sisinya yang cukup besar. Semakin memudahkan pelanggan menentukan pilihan ke tempat tujuan.  

Pecinta bus di wilayah Pantura khususnya Cirebon, Indramayu, Subang   sepertinya tidak asing lagi dengan bus yang satu ini. “Bayu ya pasti bus merakan atau bus tujuan Cirebon-Merak,” ujar Hendi, 29 yang akan ke Cilegon.

Supaya tak tertinggal,  sebaiknya penumpang sudah harus berada di tempat tunggu  sekitar pukul 08.00 WIB.  Sebab “Bayu” akan segera menyapu bersih penumpang di halte Jangga, Losarang sekitar pukul 08.30 WIB.

Bus “Bayu”  juga dikenal sebagai salah satu bus yang digadang-gadang bisa mengembalikan kerinduan para  penumpang bus  yang sempat tercerai berai karena pendemi Covid-19.

Soalnya pada masa pandemi Covid-19  banyak bus tak beroperasi. Para penumpang beralih ke mobil travel pribadi.

Kini setelah pandemi Covid-19 mereda, bus-bus Cirebon-Merak, Cirebon-Jakarta, Indramayu-Jakarta-Tangerang seolah-olah bangkit kembali.  Meramaikan aspal jalan Pantura.

Kehadiran bus “Bayu”  semakin menambah pilihan masyarakat terhadap jasa transportasi angkutan umum  yang melewati  jalan Pantura menuju Merak.

Selama ini memang masih ada penumpang yang bertanya-tanya,  mengenai apa arti tulisan “New Super High Deck 3” pada sisi kanan-kiri bus “Bayu” tersebut.

Tulisan Super High Deck (SHD) pada samping kanan-kiri  bus “Bayu” Bhinneka ini artinya kurang lebih model dek tinggi. Dengan kata lain posisi dek atau jok penumpang  lebih tinggi daripada bangku pengemudi.

Bus model dek tinggi mulai populer tahun 2020-an. Perusahaan karoseri  merancang bus model dek tinggi pada sejumlah bus bersasis premium.

Model dek tinggi menjadikan penampilan bus tambah gagah. Kesannya bus terlihat lebih bongsor atau lebih tinggi daripada bus yang belum menggunakan model dek tinggi.

Jika diukur  keseluruhan dari mulai bagian terbawah hingga teratas pada bus “Bayu” Bhinneka  itu tingginya mencapai sekitar 3,85 meter.

3,85 meter itu terbilang cukup tinggi dibandingkan bus yang belum menggunakan model dek tinggi (High Deck).

Kemudian,  apa nilai plus di balik penggunaan High Deck ini. Selain menambah performa  yang makin ciamik juga menambah nyaman  penumpang.

Dan pastinya daya tampung bagasi penumpang semakin lebih besar. (Taryani)