Cek Mesin, Kapal Selam TNI AL Buatan Jerman Sukses Uji Penyelaman Bermanuver Kecepatan Maksimal

  • Oleh : Dirham

Senin, 18/Okt/2021 13:33 WIB
Kapal selam milik TNI AL, KRI Cakra-401 sukses uji penyelaman dalam proses overhaul atau pengecekan mesin di Perairan Situbondo, Jawa Timur. Kapal selam milik TNI AL, KRI Cakra-401 sukses uji penyelaman dalam proses overhaul atau pengecekan mesin di Perairan Situbondo, Jawa Timur.

SURABAYA (BeritaTrans.com) - Kapal selam milik TNI AL, KRI Cakra-401 sukses menjalani uji penyelaman di tengah proses overhaul atau pengecekan mesin yang dilakukan PT PAL Indonesia (Persero). 

Uji coba dilaksanakan di Perairan Situbondo, Jawa Timur, Minggu (10/10/2021). Kepala Departemen Hubungan Masyarakat PT PAL Utario Esna Putra menjelaskan, dalam overhaul KRI Cakra-401 terdapat proses penggantian baru dan perbaikan secara menyeluruh terhadap badan tekan, sistem mekanik dan elektrik, sensor, deteksi serta sistem senjata secara detail. 

Proses ini, kata dia merupakan hal yang lumrah pada MRO alat utama sistem persenjtaan (alutsista).

"KRI Cakra-401 telah melaksanakan uji penyelaman yang merupakan salah satu bagian terpenting dalam uji coba mengembalikan fungsi kapal selam dan dilaksanakan di perairan Panarukan Situbondo," ujar Utario dalam keterangannya dikutip Senin (18/10/2021). 

Dia menuturkan, kapal selam buatan Howaldtswerke-Deutsche Werft (HDW) Jerman ini telah menyelesaikan uji penyelaman dan bermanuver pada kecepatan maksimal pada bawah dan atas permukaan. 

"Dalam rangkaian pengujian kemampuan KRI Cakra-401 telah mampu mencapai indikator kelaikan operasi," tuturnya. 

Menurutnya, sukses uji penyelaman KRI Cakra-401 ditandai dengan kemampuan pencapaian balingan secara maksimum. Sehingga, lanjut dia, secara keseluruhan uji penyelaman telah memenuhi indikator performansi yang diharapkan.  

"Selanjutnya KRI Cakra-401 dalam rangkaian kegiatan Sea Acceptance Test  (SAT) akan melaksanakan kegiatan uji terhadap sistem sensor dan deteksi  serta sistem penembakan torpedo," ucapnya. 

Selain Tim Proyek Overhaul KRI Cakra-401 PT PAL, yang terlibat dalam uji penyelaman, yaitu Satuan Tugas (Satgas) dari Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan tim uji kelayakan dari TNI AL. (ds/sumber iNews.id)