Tol Linggau-Bengkulu Miliki Terowongan 7 Km, Menembus Bukit Barisan

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 19/Okt/2021 23:23 WIB
Potret jalan Tol Lubuk Linggau-Bengkulu (dok.Badan Pengatur Jalan Tol PU) Potret jalan Tol Lubuk Linggau-Bengkulu (dok.Badan Pengatur Jalan Tol PU)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Jalan Tol Lubuk Linggau-Bengkulu yang saat ini tengah dibangun diproyeksikan akan mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut. 

Jalan Tol tersebut upaya pemerintah melalui Kementerian PUPR untuk meningkatkan konektivitas antar pusat pertumbuhan ekonomi di Pulau Sumatera. 

Baca Juga:
Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Halim, Ini Kronologi Penyebabnya!

Jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu memiliki bentang panjang 95,8 Km yang merupakan bagian dari konektivitas Jalan Tol Trans Sumatera. 

Uniknya, melansir dari Badan Pengelolaan Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum, ruas Jalan Tol Lubuk Linggau-Bengkulu akan dilengkapi dengan terowongan sepanjang 7 Km menembus bukit barisan dengan kedalaman maksimal 352 meter. 

Baca Juga:
Jalan Tol PSN Ruas Pekanbaru-Rengat Sepanjang 206 KM Sudah Mulai Konstruksi

Selain itu Tol Lubuk Linggau-Bengkulu juga terdapat jembatan bentang panjang yang membentang di atas lembah dengan ketinggian pilar mencapai 45-90 meter. 

Setelah tol Lubuk Linggau-Bengkulu ini beroperasi nantinya, pengendara hanya menempuh waktu 1-2 jam perjalanan saja dari Lubuk Linggau untuk mencapai Kota Bengkulu. 

Baca Juga:
PLN Tambah 13 Titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Jalan Tol Sumatra

Kondisi Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu terbagi menjadi 3 Seksi, yaitu Seksi 1 Lubuk Linggau - Kepahiang (54,5 Km), Seksi 2 Kepahiang - Taba Penanjung (23,7 Km), dan Seksi 3 Taba Penanjung - Bengkulu (17,6 Km). 

Saat ini progres konstruksi Seksi 3 Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu ruas Taba Penanjung - Bengkulu sepanjang 17,6 Km telah mencapai 84,62%. Ditargetkan akhir tahun 2021 akan selesai konstruksinya dan selanjutnya dapat dioperasikan. 

Hingga saat ini Jalan Tol Trans Sumatera telah beroperasi sepanjang 673 Km yang terdiri dari 9 ruas tol. Ke-9 ruas tol tersebut yakni : 

1. Bakauheni - Terbanggi Besar 140 Km
2. Terbanggi Besar - Kayu Agung 189 Km
3. Kayu Agung - Palembang - Betung 38 Km
4. Belawan - Medan - Tanjung Morawa 43 Km
5. Medan - Binjai 17 Km
6. Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi 62 Km
7. Palembang - Indralaya 22 Km
8. Sigli - Banda Aceh Seksi 3-4 30 Km
9. Pekanbaru - Dumai 132 Km. 

(fh/sumber:Klikanggaran)