Gagal Lepas Landas, Pesawat Menubruk dan Terbakar, 21 Penumpang Lolos dari Maut

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 21/Okt/2021 09:20 WIB
Sisa-sisa pesawat, yang terbakar segera setelah upaya lepas landas yang gagal di Bandara Eksekutif Houston, terlihat di utara Morton Road pada Selasa, 19 Oktober 2021, di Brookshire. Texas. Sisa-sisa pesawat, yang terbakar segera setelah upaya lepas landas yang gagal di Bandara Eksekutif Houston, terlihat di utara Morton Road pada Selasa, 19 Oktober 2021, di Brookshire. Texas.

TEXAS (BeritaTrans.com) - Sebuah pesawat jatuh ketika mencoba lepas landas pada Selasa (19/10/2021) di Texas, dengan 21 penumpang dan awak di dalamnya berusaha menyelamatkan diri sebelum pesawat terbakar. 

Gambar-gambar televisi menunjukkan petugas pemadam kebakaran menyemprotkan air ke sisa-sisa pesawat yang terbakar, menerobos pagar dan berhenti di seberang jalan setapak di sebuah lapangan, dikelilingi oleh pepohonan dan semak-semak. 

Baca Juga:
Pesawat Boeing 787 LATAM Airlines Terjun Bebas, Penumpang Terlempar dari Kursi hingga 50 Terluka

Pesawat gagal mencapai ketinggian selama upaya lepas landas, menabrak lapangan dan terbakar, kata pihak berwenang. 

Badan pesawat menjadi abu, dengan hanya bagian ekor yang bertahan saat asap hitam keluar dari reruntuhan. 

Baca Juga:
Kronologi Penyebab Pesawat Japan Airlines Tabrakan dan Terbakar di Bandara Haneda

"Untungnya 21 penumpang termasuk tiga anggota awak dilaporkan selamat dievakuasi dari jet bermesin ganda ini sebelum benar-benar dilalap api," kata Departemen Pemadam Kebakaran Katy dalam sebuah pernyataan melansir AFP. 

Pesawat McDonnell Douglas MD-87 lepas landas dari Bandara Eksekutif Houston, Brookshire, menuju Boston ketika jatuh, kata para pejabat. 

Baca Juga:
Pesawat Japan Airlines Tabrakan dengan Pesawat Penjaga Pantai, Timbulkan Kobaran Api di Bandara

Laporan lokal mengatakan pesawat membawa sekelompok penggemar, yang berniat menonton pertandingan bisbol play-off antara Houston Astros dan Boston Red Sox pada Selasa malam (19/10/2021). 

Berita KHOU Houston melaporkan bahwa pemilik pesawat, James Alan Kent, berada di pesawat dalam perjalanan naas itu. 

Tim Gibson, direktur layanan darurat daerah Waller Harris, mengatakan para penumpang dan awak "terkejut, mereka sangat, sangat terkejut, tetapi mereka semua berhasil membebaskan diri sendiri." 

"Kami selalu dihadapkan pada situasi terburuk tapi berharap yang terbaik -- hari ini, kami benar-benar positif mendapatkan hasil terbaik yang bisa kami harapkan dari insiden ini," kata Gibson dalam konferensi pers. 

Dia mengatakan petugas pemadam kebakaran telah memadamkan api, "setelah upaya substansial" untuk mengendalikan pembakaran bahan bakar jet. 

Para pejabat mengatakan satu penumpang adalah anak berusia 10 tahun, dan dua orang dirawat karena cedera ringan termasuk sakit punggung setelah kecelakaan itu. 

"Pesawat tidak mencapai ketinggian di ujung landasan dan melintasi Morton Road, berhenti di lapangan di utara bandara, di mana ia terbakar," kata hakim Waller County, Trey Duhon, di Facebook.(fhm/sumber:kompas)