Kenapa Rambut Pramugari Disanggul saat Bertugas?

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 22/Okt/2021 08:06 WIB
Foto:istimewa/ilustrasi Foto:istimewa/ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Saat melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, mungkin Anda kerap penasaran tentang berbagai hal yang Anda temui selama berada di perjalanan. Gaya rambut pramugari yang melayani kebutuhan Anda misalnya.

Sebagian besar pramugari selalu mengikat rambutnya dengan sangat rapi hingga terlihat seperti disanggul. Seorang pramugari mengungkapkan alasan awak kabin berambut panjang harus diikat rapi saat bertugas.

Baca Juga:
Angkasa Training Center Lion Air Group untuk Pendidikan Gratis Pramugari dan Pramugara

Kaylee, seorang pramugari maskapai penerbangan ternama di Kanada mengatakan, ada alasan praktis untuk tidak membiarkan rambutnya tergerai, serta aspek keselamatan yang lebih penting. Informasi itu diungkapkan Kaylee dalam sebuah video yang dibagikan di akun TikTok miliknya.

"Ada alasan keamanan. Kami punya sesuatu yang disebut masker pelindung asap kebakaran," terang Kaylee seperti mengutip Dailystar, Minggu, 26 September 2021.

Baca Juga:
Wapres Ma`ruf Amin: Kalau Ada Larangan Pramugari Berjilbab, Agak Aneh

"Kalau terjadi kebakaran di pesawat, kita punya sesuatu yang bisa kita pakai sehingga kita masih bisa menghirup oksigen saat kita memadamkan api," lanjutnya.

Menurut Kaylee, benda pelindung kebakaran itu menciptakan segel ketat di leher. Alat itu akan sulit dipakai kalau awak kabin memiliki rambut panjang.

Baca Juga:
Pramugari Ungkap Pertanyaan Konyol yang Sering Ditanyakan Penumpang di Pesawat

Pramugari itu kemudian mengatakan bahwa rambut yang diikat adalah bagian dari seragam awak kabin supaya terlihat profesional. Dia menunjukkan bahwa jika dia membungkuk untuk berbicara dengan penumpang, rambutnya akan menutupi wajahnya.

Dengan rambut yang disanggul, tentu akan lebih mudah dan elegan dalam menyapa atau berbincang dengan penumpang. "Jika rambut saya menutupi dan menghalangi wajah, itu tidak terlihat bagus," ucapnya lagi.

Ia menambahkan, aturan gaya rambut ini tidak berlaku bagi pemilik potongan rambut pendek. Menurut Kaylee, menata rambut sendiri juga dipelajari saat calon pramugari menjalani pelatihan.

Selain disanggul atau dicepol, gaya rambut itu juga disebut dengan French twist atau twist Prancis. Unggahan tersebut mendapat beragam komentar dari warganet.

"Rambut kamu terlihat bagus bagi saya, tetapi keselamatan harus didahulukan," komentar seorang warganet. "Anda tidak akan memiliki masalah dengan potongan rambut pixie Kaylee," komentar warganet lainnya.(amt/sumber:merdeka.com) 

Tags :