Garuda Angkut Komoditas Ekspor UMKM ke Dubai dan Tiongkok

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 29/Okt/2021 12:28 WIB
Angkutan kargo Garuda Indonesia Angkutan kargo Garuda Indonesia

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Garuda Indonesia terus meningkatkan dukungan terhadap industri garmen & sektor UMKM  melalui penyediaan aksesibilitas angkutan ekspor produk unggulan nasional.

Baca Juga:
Garuda Indonesia Group Terbangkan 80.243 Penumpang di Puncak Arus Balik

Di antaranya  pengiriman 25 ton produk garmen dari Sukabumi, Bogor dan Semarang menuju Dubai serta 12 ton komoditas unggulan buah manggis dari Bali  menuju Shanghai dan Guangzhou. 

"Pengangkutan garmen siap pakai itu dilayani dari Jakarta menuju Dubai dengan penerbangan khusus charter 24 Oktober 2021, sementara pengiriman buah manggis dari Bali menuju Shanghai dan Guangzhou diterbangkan dengan penerbangan regular pada pertengahan Oktober," tutur Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Jumat (29/10/2021). 

Baca Juga:
Garuda Resmi Layani Rute Penerbangan Jakarta-Doha PP

Lebih lanjut, kata dia, pengiriman kedua komoditas unggulan tersebut dilayani dengan menggunakan armada B777-300 ER yang memiliki kapasitas daya angkut hingga 40 ton pada setiap penerbangannya. 

Irfan mengungkapkan, pengangkutan ekspor komoditas unggulan garmen siap pakai dan buah manggis tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen Garuda dalam penyediaan aksesibilitas layanan penerbangan sebagai dukungan peningkatan daya saing produk ekspor nasional.

Baca Juga:
Garuda Indonesia Group Terbangkan 82 Ribu Penumpang di Puncak Arus Angleb

Khususnya komoditas garmen siap pakai yang dibuat oleh masyarakat lokal guna percepatan pemulihan ekonomi nasional. 

“Ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kami sebagai maskapai pembawa bendera bangsa untuk dapat turut berpartisipasi dalam upaya peningkatan daya saing produk unggulan nasional yang dalam hal ini kami laksanakan melalui penyediaan jaringan penerbangan ke berbagai negara tujuan ekspor nasional,” kata Irfan.

Produk unggulan komoditas garmen siap pakai serta buah manggis yang dikelola masyarakat lokal tersebut merupakan salah satu potensi daya ekspor unggulan Indonesia yang tentunya dapat meningkatkan perekonomian lokal. 

Dengan berbagai potensi tersebut, tentunya kami berharap komitmen dukungan yang kami hadirkan khususnya dalam penyediaan layanan aksesibilitas layanan penerbangan dapat meningkatkan daya saing produk nasional Indonesia sebagai negara eksportir unggulan di kancah global," imbuh dia.

Dukungan  terhadap pengangkutan berbagai komoditas unggulan nasional juga merupakan salah satu upaya Garuda untuk terus memastikan konektivitas antarwilayah baik domestik maupun internasional senantiasa tersedia  khususnya bagi aksesibilitas aktivitas direct call komoditas ekspor. 

"Kedepannya kami akan terus mengoptimalkan komitmen penyediaan jalur pendistribusian komoditas ekspor nasional ini melalui aksesibilitas layanan kargo udara ke berbagai negara tujuan ekspor," tutup Irfan.

Seiring dengan tren kebutuhan pengangkutan kargo yang terus tumbuh, Garuda terus memperkuat pengembangan lini bisnis sektor kargo salah satunya dengan melayani rute penerbangan Manado - Narita, Denpasar - Hong Kong, Makassar - Singapura, dan Surabaya - Hong Kong. 

Selain itu, Garuda juga melakukan pengembangan aksesibilitas jaringan penerbangan kargo melalui layanan penerbangan charter bagi kebutuhan pengiriman kargo melalui penerbangan langsung maupun secara point to point yang turut dioptimalkan dengan pengoperasian armada passenger freighter. (omy)