BPSDMP Lantik 321 Perwira Pelayaran Niaga Poktekpel Sorong

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 30/Okt/2021 13:39 WIB
Pelantikan Perwira Pelayaran Niaga Poltekpel Sorong Pelantikan Perwira Pelayaran Niaga Poltekpel Sorong

 

SORONG (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) lantik sebanyak 321Perwira Pelayaran Niaga Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sorong.

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Pelantikan diipimpin Pelaksana Tugas Kepala BPSDMP, Dr. Capt. A. Arif Priadi di Lapangan 7 Samudera Poltekpel Sorong, Jumat (29/10/2021).

Sebagai salah satu kampus Kemenhub di timur Indonesia, Poltekpel Sorong senantiasa mengikuti perkembangan zaman yaitu menyelenggarakan Diklat Vokasi bidang Pelayaran dengan menggunakan kurikulum berbasis Blended Learning.

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

Metode belajarnya dengan materi teori dilaksanakan secara daring dan praktik dilaksanakan secara luring.

“Kami terus memastikan bahwa setiap lembaga diklat  harus melakukan transfomasi pendidikan yaitu dengan melakukan pembelajaran jarak jauh tanpa mengurangi mutu dan kualitas capaian pembelajaran. Saya bangga kepada saudara-saudara yang baru saja dilantik karena saudara adalah produk dari transformasi pendidikan," ungkap Capt. Arif.

Baca Juga:
Plt. Kepala BPSDMP Imbau Lulusan PIP Makassar Jadi Agen Perubahan Keselamatan Pelayaran

Dia menjelaskan, situasi pandemi Covid-19 saat ini, menimbulkan pembatasan mobilitas dan perubahan tatanan sosial.

Karena itu International Maritime Organization (IMO) menjadikan tahun 2021 sebagai tahun Aksi Bagi Para Pelaut karena menghadapi dampak yang belum pernah terjadi sebelumnya, sehingga pergantian kru awak kapal dan potensi sebaran Covid 19 di dunia pelayaran menjadi isu global.

“Secara nasional tentu menjadi tantangan tersendiri, sebagai negara pemasuk pelaut terbesar nomor empat didunia, Indonesia harus tetap menjaga ketersediaan dan kesiapan pelaut melalui peran lembaga diklat,” tambahnya.

Lebih lanjut dia juga menuturkan, sesuai dengan arahan Menteri Perhubungan, lembaga pendidikan transportasi harus tampil di garis terdepan dalam mencetak SDM transportasi yang unggul, kompeten, dan kompetitif di masa depan

Oleh karena itu untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional, diperlukan usaha dan kerja keras serta dukungan dari berbagai pihak. 

"Dengan dukungan tersebut Poltekpel Sorong akan mampu memiliki agility yang baik, yaitu kemampuan merubah tantangan menjadi peluang.” pesannya.

Selain pelantikan Perwira Pelayaran Niaga, pada kesempatan ini, juga dilaksanakan penyerahan 14 orang lulusan Poltekpel Sorong kepada PT Pelayaran Tanjung Kumawa sebagai bagian dari Corporate Social Responbility (CSR) khususnya untuk putra putri terbaik Papua.

“Ini merupakan kolaborasi yang baik antara lembaga Pendidikan dengan Stakeholder. Kedepannya kami akan petakan CSR perusahaan-perusahaan, agar dapat mengeluarkan CSRnya untuk membiayai anak-anak Papua yang bersekolah di Poltekpel Sorong," ungkapnya.

Senada dengan hal tersebut Direktur Poltekpel Sorong, Moejiono menjelaskan bahwa saat ini, Poltekpel Sorong sudah bekerja sama dengan lebih dari 40 Stakeholder, khususnya stakeholder di wilayah Papua dan Papua Barat telah banyak yang memberikan CSR untuk pengembangan Putera Puteri daerah Papua.

“Saat ini sesuai dengan MoU kita, sudah ada 40 lebih perusahaan yang bekerja sama dengan Poltekpel Sorong, khususnya yang berada di wilayah Papua dan Papua Barat itu memang banyak yang memberikan CSRnya untuk pengembangan Putera Puteri daerah. Ini merupakan kontribusi dari perusahaan dan juga dukungan dari Pemerintah Daerah," tuturnya. (omy)