50 Stan Kuliner dan Produk UMKM Ramaikan Festival Kuliner dan Produk Unggulan di Sukoharjo

  • Oleh : Awe

Senin, 01/Nov/2021 16:52 WIB
Bupati Sukoharjo,  Etik Suryani saat membuka Festival Kuliner dan Produk Unggulan UMKM, di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GP3D). (Ist) Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat membuka Festival Kuliner dan Produk Unggulan UMKM, di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GP3D). (Ist)

SUKOHARJO (BeritaTrans.com)  – Sebanyak 50 stan kuliner dan produk UMKM seperti batik, kerajinan dan lainnya mengikuti Festival Kuliner dan Produk Unggulan UMKM, di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GP3D).

Kegiatan tersebut dibuka Bupati Sukoharjo,  Etik Suryani pada Sabtu (30/10/2021) malam.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Sukoharjo Iwan Setiyono mengatakan, kegiatan tersebut digelar setiap akhir pekan untuk meramaikan GP3D.

Selain itu guna membangkitkan kembali UMKM di wilayah tersebut, khususnya saat masa pandemi.

Iwan menyampaikan, kegiatan tersebut berawal dari Festival Kopi Internasional beberapa waktu lalu yang diikuti 14 stan, dan mendapat sambutan baik warga, khususnya pecinta kopi.

Dari kegiatan tersebut kemudian digagas festival kuliner dan produk unggulan UMKM Sukoharjo.

“Kami juga sudah melakukan survei kepuasan terkait dengan kegiatan ini, di mana 62% pengunjung festival puas, dan 66,7% omzet peserta naik dibanding stan di tempat biasanya,” ujarnya.

Saat membuka kegiatan tersebut,  Bupati Sukoharjo, Etik Suryani berpesan agar panitia dan pengunjung benar-benar mematuhi protokol kesehatan.

Ia berharap kegiatan yang mendapat antusiasme tinggi dari masyarakat tersebut, tidak menjadi klaster penularan baru.

“Saat ini pandemi corona belum berakhir, namun di sisi lain ekonomi juga harus bergerak. Untuk itu pesan saya kepada panitia, peserta, dan pengunjung dijaga betul prokesnya. Saya tidak mau ada klaster baru di festival ini,” ujarnya.

Usai membuka acara, Etik Suryani didampingi Sekda Sukoharjo dan pejabat lainnya menyempatkan diri berkeliling dan berinteraksi dengan peserta festival. (tr)