Mengenal Elders Garage, Bersertifikat Bengkel Modifikasi Motor Listrik dari Kemenhub, Bakal Ekspor Karyanya!

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 03/Nov/2021 10:18 WIB
Heret Frasthio founder Elders Garage saat berdikusi dengan kumparan. (Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan) Heret Frasthio founder Elders Garage saat berdikusi dengan kumparan. (Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Salah satu bengkel modifikasi sepeda motor, Elders Garage baru saja bersertifikasi sebagai bengkel yang dipercayai oleh Kementerian Perhubungan dalam memodifikasi sepeda motor konvensional menjadi sepeda motor listrik. 

Dikutip dari Kumparan, Elders Elettrico merupakan anak usaha dari Elders Company sebuah perusahaan yang menyediakan aparel pengendara sepeda motor sejak tahun 2012. Elders Elettrico sendiri berfokus pada penyedia jasa konversi elektrik untuk sepeda motor konvensional. 

Baca Juga:
Dukung Kendaraan Listrik, FIFGROUP Hadir di Pameran Motor Listrik IEMS

“Saat ini kami baru menawarkan konversi untuk hampir semua vespa produksi tahun 50-an hingga 80-an ke motor listrik, kita saat ini melayani konversi kit untuk model seperti Super Sprint, Smallframe PTS dan Corsa,” terang pemilik Elders Company Heret Frasthio dikutip BeritaTrans.com dari Kumparan, Rabu (3/11/2021). 

Vespa Elettrico konversi motor listrik garapan Elders Garage. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan 

Baca Juga:
Startup Motor Listrik MAKA Motors Raih Pendanaan Awal Rp 563 Miliar dari AC Ventures, East Ventures, dan SV Investment

Divisi Elders Elettrico sendiri baru berdiri pada akhir tahun 2020 lalu, awalnya divisi ini mengembangkan sepeda listrik namun pada pertengahan maret lalu memutuskan mencoba mengkonversi sepeda motor konvensional menjadi sepeda motor listrik. 

“Kami memutuskan untuk keep proyek sepeda listrik kami, lalu kami mencoba untuk mengkonversi vespa sejak tiga bulan lalu. Kami merasa proyek ini punya potensi besar ke depannya,” ujarnya. 

Baca Juga:
Kemenhub Gelar Electric Vehicle Funday, Sosialisasikan Keuntungan Kendaraan Listrik

Rencana ekspor ke luar negeri 

Menariknya Elders Elettrico sudah berencana ekspansi ke luar negeri. Salah satu unit vespa motor listrik hasil karya mereka sedang dalam tahap pengembangan dan uji coba di Eropa. 

“Iya ada satu unit kami di Eropa sedang dalam pengembangan dan penyempurnaan agar sesuai dengan kriteria regulasi kendaraan di Eropa, tujuannya agar elektrik kit produksi kami dapat diterima di pasar luar negeri juga” pungkasnya. 

Konversi motor listrik untuk konsumen umum 

Sampai saat ini Elders Elettrico sudah berhasil mengkonversi setidaknya 15 unit vespa untuk konsumen. Mayoritas permintaan konversi vespa tersebut berasal dari Jakarta dan ada lima unit lainnya yang sedang dalam pengerjaan untuk konsumen di Bali. 

“Untuk saat ini kami baru melayani pengerjaan sepeda motor model vespa, kedepannya kami tentu akan mencoba untuk mengerjakan jenis sepeda motor lainnya,” ujar Heret. 

Lokasi penempatan baterai Vespa listrik Elettrico buatan Elders Garage. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan 

Paket konversi kit yang ditawarkan terdapat dua jenis pilihan yakni ‘Speedster’ dan ‘Duro’. ‘Speedster’ menyasar para konsumen yang mementingkan performa sedangkan ‘Duro’ bagi mereka yang menginginkan efisiensi. 

Sesuai namanya, ‘Speedster’ mampu melaju lebih cepat dengan jarak lebih jauh pula. Paket kit ini diklaim dapat melesatkan sepeda motor hingga kecepatan 80 km/jam dan dapat menempuh perjalan sejauh 80 km dalam mode eco dalam sekali charge selama 5 jam. Paket kit ini ditawarkan dengan harga Rp 25.800.000. 

Sedangkan ‘Duro’ dapat memacu sepeda motor dengan kecepatan maksimal 55 km/jam yang dapat menempuh sejauh 40 km dengan mode eco dalam sekali cas selama 4 jam. 

Paket kit ini ditawarkan dengan harga lebih hemat yakni Rp 18.500.000. Data kedua paket kit tersebut juga masih bergantung dengan bobot pengemudi dan situasi jalan. 

Proses Sertifikasi Elders Garage ke Kemenhub 

Heret bercerita bagaimana perjalanan Elders Garage akhirnya dapat sertifikat sebagai ‘Bengkel Resmi Pemasangan, Perawatan, Pemeriksaan Peralatan Instalasi Sistem Penggerak Motor Listrik Pada Kendaraan Bermotor’. 

“Kita mengajukan beberapa persyaratan misalnya syarat bengkel umum, peralatan dan perlengkapan sesuai standar dari perhubungan, dan staff berpengalaman di bengkel kami,” katanya saat ditemui di Smesco Indonesia. 

Ia juga berujar saat ini sedang mengurus proses semua unit sepeda motor konversi elektrik Elders Elettrico kerjakan agar mendapat surat-surat lengkap dan dapat digunakan di jalanan umum secara legal. 

"Sertifikasi ini juga sebagai modal kami untuk mengembangkan produk serupa dengan rangkaian produk yang lebih luas kedepannya, jadi tidak hanya Vespa saja tetapi semua jenis motor atau bahkan mobil rencananya akan kita buka layanan konversi ke motor listrik," tutup Heret.(fhm/sumber:kumparan)