Pada COP26 Glasgow, Jokowi Berkomitmen Percepat Zero Emission

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 03/Nov/2021 16:59 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpidato dalam KTT Perubahan Iklim COP26. Foto: kompas.com. Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpidato dalam KTT Perubahan Iklim COP26. Foto: kompas.com.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Perubahan industri otomotif global mulai dipetakan lebih rinci pada konferensi perubahan iklim COP26 diselenggarakan di Glasgow, Skotlandia, pada 31 Oktober-12 November 2021.

COP26 adalah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang memiliki fokus terkait perubahan iklim.

Baca Juga:
PLN Tambah 13 Titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Jalan Tol Sumatra

Pertemuan antar pemimpin dunia jadi momentum untuk memastikan transisi mobil dengan mesin bakar internal (ICE) ke mobil listrik berbasis baterai (BEV) bisa berjalan sesuai rencana.

Melalui konferensi itu, Presiden Joko Widodo turut menyampaikan rencana Indonesia dalam mengembangkan ekosistem mobil listrik sebagai langkah menangani persoalan perubahan iklim.

Baca Juga:
Lokasi Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listik di Rest Area Tol saat Lebaran

Menurutnya, dengan potensi alam yang begitu besar, Indonesia terus berkontribusi dalam penanganan perubahan iklim.

“Di sektor energi, kami juga terus melangkah maju,” ujar Jokowi, dikutip dari Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (2/11/2021).

Baca Juga:
Ingin Mudik Gunakan Mobil Listrik? Perhatikan Hal ini!

“Dengan pengembangan ekosistem mobil listrik, pembangunan pembangkit listrik tenaga surya terbesar di Asia Tenggara, pemanfaatan energi baru terbarukan termasuk biofuel,” kata dia.

Jokowi menambahkan, penyediaan pendanaan iklim dengan mitra negara maju merupakan game changer dalam aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di negara-negara berkembang.

“Indonesia akan dapat berkontribusi lebih cepat bagi net–zero emissiondunia. Pertanyaannya, seberapa besar kontribusi negara maju untuk kami? Transfer teknologi apa yang bisa diberikan? Ini butuh aksi, butuh implementasi secepatnya,” ucap Jokowi. (dn/sumber: kompas.com)