Proyek Jalur Ganda Kereta Api Sukabumi Tembus Cigombong 2022

  • Oleh : Dirham

Senin, 15/Nov/2021 13:17 WIB
Pekerja menyelesaikan pembangunan double track Kereta Api (KA) Bogor - Sukabumi di Kawasan Bondongan, Bogor, Jawa Barat. Pekerja menyelesaikan pembangunan double track Kereta Api (KA) Bogor - Sukabumi di Kawasan Bondongan, Bogor, Jawa Barat.

BOGOR (BeritaTrans.com) - Pembangunan jalur ganda kereta api Bogor - Sukabumi terus berlanjut. Untuk pembangunan tahap satu jalur ganda Bogor - Cigombong dapat selesai pada Maret 2022.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, revitalisasi dan pembangunan jalur ganda KA Bogor - Sukabumi dibutuhkan masyarakat, mengingat tingkat kebutuhan mobilitas penumpang dan barang yang tinggi antara dua kota itu.

"Dengan selesainya proyek tahap 1 jalur ganda KA Bogor - Cigombong, diharapkan angkutan penumpang dan barang bisa lebih produktif," kata Budi, dalam keterangan dikutip, Senin (15/11/2021).

Dengan adanya jalur ganda KA Bogor - Sukabumi nantinya, akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari yang tadinya 2 jam menjadi hanya 1 jam 20 menit saja.

Kemudian, meningkatkan frekuensi KA penumpang dari 6 trip menjadi 12 trip dan frekuensi KA barang dari 2 trip menjadi 8 trip. Meningkatkan jumlah rangkaian dari 6 menjadi 8 rangkaian.

Serta, meningkatkan jumlah kapasitas penumpang dari 2844 orang/hari menjadi 5688 orang/hari dan kapasitas angkut barang dari 648 ton/hari menjadi 2592 ton/hari.

Menhub mengajak para masinis dan petugas pengatur perjalanan kereta api untuk sarapan bersama, serta memberikan bingkisan sebagai bentuk apresiasi kepada para insan transportasi yang tetap semangat menjalankan tugas meski di tengah pandemi Covid-19. (ds/omy/CNBC)