Pemprov Kaltim Bakal Bangun Jalan Alternatif Menuju Bandara APT Pranoto Samarinda

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 17/Nov/2021 09:53 WIB
Bandar Udara APT Pranoto Samarinda. Foto: ist. Bandar Udara APT Pranoto Samarinda. Foto: ist.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) segera membangun jalan alternatif menuju Bandara APT Pranoto Samarinda, yang saat ini hanya bisa diakses melalui jalan nasional dan kerap kali mengalami kerusakan.

Kepala Dinas PUPR Pera Provinsi Kaltim Aji Muhammad Fitra Firnanda mengatakan, rencana pembangunan jalan alternatif dari Kota Samarinda menuju Bandara APT Pranoto sudah masuk dalam agenda tahun depan.

"Rencananya, akses jalan alternatif ini mulai dari jalur simpang Outer Ring Road IV hingga tembus ke jalur Kelurahan Budaya Pampang," katanya usai mengikuti rapat pemaparan master plan pengembangan Bandara APT Pranoto dengan Wali Kota Samarinda Andi Harun, melansir dari ANTARA, Senin (15/11/2021).

Ia menerangkan, panjang lintasan nanti hingga ke wilayah Pampang mencapai 11 kilometer. Tahun depan sudah masuk dalam tahapan pembebasan lahan.

"Tahun 2023 sudah mulai dilakukan proses pembangunan badan jalan, sehingga jika jalan ini sudah selesai terbangun, maka tidak menutup kemungkinan statusnya bisa menjadi jalan nasional," tuturnya.

Sementara, Wali Kota Andi Harun mengatakan program pemerintah provinsi tersebut telah sesuai dengan harapan pemkot yang menginginkan jalan-jalan menuju bandara dan pintu masuk ke arah Samarinda bisa semakin baik.

"Kalau sudah masuk agenda pemprov, tentu ini menjadi kabar gembira buat kami di pemkot dan wajib untuk didukung. Jadi, antara Dinas PUPR Provinsi Kaltim dan OPD di lingkungan Pemkot Samarinda nanti tinggal berkolaborasi saja," katanya.

Ia menambahkan jika ada kendala dalam menanggulangi masalah sosial, maka Pemkot Samarinda siap untuk mengantisipasi.

"Kami juga siap untuk membantu sarana pendukung kegiatan peningkatan jalan alternatif nanti," ungkap orang nomor satu di Samarinda ini.

Ia berharap program pembangunan tersebut cepat terwujud, sehingga bisa membawa dampak peningkatan ekonomi khususnya untuk masyarakat di sekitar kawasan Bandara APT Pranoto. (dn/sumber: suara.com)