Pesawat Hercules PM India Mendarat di Jalan Tol Fungsi Ganda

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 18/Nov/2021 07:44 WIB
Pesawat transpor Hercules yang ditumpangi Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi, berhasil melakukan pendaratan di ruas jalan raya terbaru, Selasa (16/11/2021). Pesawat transpor Hercules yang ditumpangi Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi, berhasil melakukan pendaratan di ruas jalan raya terbaru, Selasa (16/11/2021).

NEW DELHI (BeritaTrans.com) - Pesawat transpor Hercules yang ditumpangi Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi, berhasil melakukan pendaratan di ruas jalan raya terbaru, Selasa, 16 November 2021. 

Aksi ini untuk memperlihatkan ke publik fungsi ganda jalan bebas hambatan yang juga bisa dipakai sebagai landasan udara militer darurat. 

Baca Juga:
Momen Bersejarah Itu Tiba, Airnav Sukses Alihkan Ruang Udara Sektor ABC dari Singapura

Dilansir AFP, Rabu, 17 November 2021, pesawat transpor raksasa yang membawa PM Modi (71) ini mendarat di bentangan lurus ruas jalan tol baru di wilayah Uttar Pradesh pada Selasa, 16 November 2021, waktu setempat. 

Baca Juga:
Ruang Udara di Atas Kepri-Natuna Resmi Diatur Indonesia

Pendaratan itu disusul oleh pertunjukan udara singkat oleh Angkatan Udara India dengan pesawat tempur jet Mirage buatan Prancis dan Su-30MKI Rusia menggunakan jalan tersebut sebagai landasan pacu. 

"Kemakmuran India sama pentingnya dengan keamanan nasional kita. Jalan tol ini telah menjadi kekuatan baru bagi Angkatan Udara kita," ucap PM Modi dalam acara tersebut. 

Baca Juga:
"Ramadhan Bleisure Fair" 2024, Ajang Garuda Tebar Diskon Tiket hingga 80%

India memiliki satu jalan raya hibrida lainnya di negara bagian Rajasthan dekat perbatasan Pakistan. 

Tetapi pemerintah merencanakan membangun 12 lainnya demi mengangkat kemampuan militernya dalam menghadapi ketegangan yang meningkat dengan Tiongkok dan memperdalam hubungan pertahanan dengan Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya. 

Jalan tol Purvanchal sepanjang hampir 350 kilometer yang diresmikan oleh Modi, juga merupakan bagian dari dorongan multi-miliar dolar untuk meningkatkan jaringan jalan India yang kurang berkembang. 

Pemerintah Modi mengatakan, telah meningkatkan atau mengembangkan lebih dari 50.000 kilometer jalan raya di seluruh negeri sejak berkuasa pada 2014. Ia berencana untuk membangun 11.000 kilometer lagi pada 2021. 

Jalan tol Purvanchal ini memiliki enam jalur menghubungkan ibu kota regional Lucknow dengan wilayah timur Uttar Pradesh yang sebagian besar terbelakang, yang mengadakan pemilihan penting pada awal 2022. (Fh/sumber:AFP Photo/medcom)