7.790 Warga Terdampak Luapan Air Rawa Pening Dapat Bantuan Beras Pemda Kabupaten Semarang

  • Oleh : Taryani

Kamis, 18/Nov/2021 07:49 WIB
Bupati Semarang,  Ngesti Nugraha saat menyerahkan secara simbolis bantuan cadangan beras pemerintah (CBP) kepada warga di Kelurahan Tambakboyo, Ambarawa dan Desa Kesongo, Tuntang, Rabu (17/11/2021).  (Ist.) Bupati Semarang, Ngesti Nugraha saat menyerahkan secara simbolis bantuan cadangan beras pemerintah (CBP) kepada warga di Kelurahan Tambakboyo, Ambarawa dan Desa Kesongo, Tuntang, Rabu (17/11/2021). (Ist.)

KABUPATEN SEMARANG (BeritaTrans.com) -  Warga yang lahan sawahnya tergenang air luapan Rawa Pening agar tetap semangat. Pemerintah Kabupaten Semarang akan terus berupaya membantu meringankan beban warga yang tidak bisa panen padi.

Hal itu disampaikan Bupati Semarang,  Ngesti Nugraha saat menyerahkan secara simbolis bantuan cadangan beras pemerintah (CBP) kepada warga di Kelurahan Tambakboyo, Ambarawa dan Desa Kesongo, Tuntang, Rabu (17/11/2021).

Selain bantuan beras juga diberikan pembebasan pajak bumi dan bangunan (PBB) bagi warga terdampak. “Kita semua berharap warga dapat bercocok tanam dan panen kembali,” katanya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Semarang,  M. Gunadi menjelaskan  bantuan kali ini merupakan periode II dari keadaan tanggap darurat luapan air Rawa Pening.

Sebanyak 7.790 jiwa yang terdampak  mendapat bantuan 0,4 kilogram beras per hari selama 14 hari masa tanggap darurat.

Total bantuan beras yang disalurkan sebanyak 43,6 ton lebih. Sebelumnya mereka telah mendapatkan bantuan yang sama pada periode I. Warga terdampak itu berada di 16 desa di empat kecamatan sekitar Rawa Pening.

Menurutnya, saat ini persediaan CBP yang dimiliki Pemkab Semarang tersisa 13 ton. Padahal memasuki musim penghujan tahun ini diperkirakan tingkat elevasi Rawa Pening masih tinggi. Dikhawatirkan air masih akan merendam areal persawahan warga sekitar.

“Jika diperlukan bantuan tambahan kita akan berkoordinasi dengan Pemprov Jateng untuk kemungkinan pemenuhannya,” ujarnya.

Warga terdampak luapan Rawa Pening, Mohlasin mengaku senang mendapat bantuan ini. Warga Dusun Ngentaksari RT 3 RW 2 Desa Kesongo sudah tidak bisa lagi bercocok tanam. Lahan sawah yang biasa digarap tergenang air.

“Saya terpaksa mencari lahan garapan lain untuk menambah penghasilan. Beras ini membantu mencukupi kebutuhan hidup,” ujarnya lirih. (tr)