Bank Sulselbar dan PT IKI Teken MoU Kredit Pembuatan dan Reparasi Kapal

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 18/Nov/2021 08:57 WIB
Foto:istimewa Foto:istimewa

MAKASSAR (BeritaTrans.com) - PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Bank Sulselbar), menandatangani nota kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Industri Kapal Indonesia (PT IKI), yang berlangsung di Lobi Utama Kantor PT IKI, Rabu (17/11/2021).

Pemimpin PT Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar, Muh Daenur Hafsir mengungkapkan nota kerja sama yang diteken tersebut terkait beberapa hal, di antaranya pembiayaan untuk pembuatan dan reparasi kapal, edukasi trade financing, pengembangan potensi bisnis kedua pihak, dan optimalisasi aset.

Baca Juga:
Kemendag Siapkan Kapal ke Papua untuk Angkut 1.000 Ton Minyak Goreng

Tidak ketinggalan, MoU keduanya juga berkaitan dengan penyaluran tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responcibility (CSR) yang di dalamnya termasuk pengembangan masyarakat nelayan.

"Jadi sebenarnya ini pengembangan hubungan bisnis yang telah ada sebelumnya, di mana Bank Sulselbar memberikan kredit kepada PT IKI untuk pekerjaan pembuatan dan reparasi kapal," jelas Daenur.

Baca Juga:
Indonesia dan Australia Sulit Penuhi Permintaan Ekspor Batu Bara ke Eropa

Menurut dia, sistem yang digunakan adalah standby loan, sehingga kesiapan permodalan bagi PT IKI dalam operasional pembuatan ataupun reparasi kapal akan selalu tersedia. Sinergi Bank Sulselbar dan PT IKI selama ini memang sudah berjalan dan kembali dilanjutkan.

Daenur menilai, penyaluran kredit dari Bank Sulselbar kepada PT IKI tidak hanya sebagai upaya perluasan segmen kredit, tapi juga bentuk dukungan untuk mewujudkan visi pemerintah Indonesia dalam pembangunan tol laut.

Baca Juga:
Mengenal PT Cakrawala Persada Internasional, Layanan Logistik dan Transportasi

Diketahui, tol laut digagas Presiden Joko Widodo sebagai salah satu upaya untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar yang ada di Nusantara. Dengan adanya hubungan antara pelabuhan-pelabuhan laut ini, maka dapat diciptakan kelancaran distribusi barang hingga ke pelosok.

"Alhamdulillah ini sinergi antara PT IKI yang merupakan BUMN dan PT Bank Sulselbar yang merupakan Bank Regional, jadi bagi Bank Sulselbar pemberian kredit kepada IKI tidak hanya menunjukkan perluasan segmen kredit bank, tapi juga sebagai satu upaya mewujudkan visi pemerintahan RI dalam pembangunan tol laut melalui dukungan pembiayaan pembuatan kapal pada PT IKI," jelas Daenur.

Tak hanya terkait penyaluran kredit, MoU tersebut juga terkait peningkatan status bank devisa pada Bank Sulselbar, sehingga produk internasional banking dapat digunakan oleh PT IKI yang sebagian material produksi kapal masih memerlukan bahan import.

Dari sisi CSR, kerja sama Bank Sulselbar dan PT IKI utamanya dalam rangka peningkatan taraf hidup masyarakat pesisir yang sebagian besar mata pencaharian di sektor kelautan. CSR dapat berupa penyediaan kapal tangkap ikan atau hal lainnya dengan tujuan peningkatan taraf hidup," jelas Daenur.

Sebagai informasi, hadir pada acara penandatanganan MoU tersebut di antaranya, Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko PT IKI (Persero) Heryanto Eko Purnomo dan Direktur Operasi PT IKI (Persero) Suhan Ikhsan serta Sekretaris Perusahaan PT IKI (Persero) Ansyarif Khalid.(amt/sumber:sindinews.com) 

 

 

Tags :